Kompas.com - 23/01/2020, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Seorang remaja bernama Muhammad Idul (16), lehernya tertusuk ikan marlin atau ikan sori di Desa Wakinamboro, Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan.

Kejadian yang menimpa siswa kelas 2 SMP tersebut, terjadi pada Sabtu (18/1/2020), saat ia sedang asik memancing di atas perahu bersama rekannya.

Tak disangka, tiba-tiba seekor ikan marlin meloncat ke permukaan dan langsung menancapkan mocongnya yang tajam ke leher Idul.

Baca juga: Detik-detik Moncong Ikan Marlin Menancap ke Leher Seorang Remaja Saat Sedang Memancing

Apa itu ikan marlin?

Dijelaskan oleh Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Selvia Oktaviyani M.Si, ikan marlin merupakan ikan yang hidup di perairan laut dan masuk ke dalam kelompok ikan pelagis.

Sebagai kelompok ikan pelagis, ikan marlin dapat berenang dengan cepat dan juga termasuk predator.

Diakui Selvia, ikan marlin cukup agresif. Meski pada umumnya, makanan ikan marlin adalah ikan-ikan kecil.

"Ikan ini agresif ketika sedang mencari makan atau sedang dalam kondisi terancam," kata Selvia saat dihubungi kompas.com, Rabu (22/1/2020).

Ikan ini berada di hampir seluruh perairan dunia, termasuk perairan laut Indonesia.

Menurut Selvia, ikan marlin tidak memiliki ciri yang sangat unik. Kecuali bentuk badannya torpedo, berwarna keperakan, dan moncongnya panjang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.