Waspada Virus Misterius China, WHO Belum Pastikan Penyebab Kemunculannya

Kompas.com - 17/01/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi pneumonia ShutterstockIlustrasi pneumonia

KOMPAS.com - Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP-PDPI), DR Dr Erlina Burhan MSc SpP(K), mengatakan bahwa hingga sekarang, WHO belum dapat memastikan penyebab pasti dari munculnya pneumonia Wuhan.

Disampaikan oleh Erlina, para ahli awalnya menduga bahwa kasus-kasus ini terkait dengan Severe Acute Respiratory Infection (SARS) yang juga disebabkan oleh coronavirus dan pernah menimbulkan pandemi di dunia pada tahun 2013 lalu.

Namun, ternyata kejadian pneumonia yang ditemukan di Wuhan, China ini berbeda dengan SARS dan juga MERS yang sempat menjadi pandemi di Arab Saudi.

Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) juga menemukan bahwa pada jenis Betacoronavirus yang menjadi wabah di Wuhan, terdapat 5 genom baru yang berbeda dari SARS-coronavirus dan MERSCoronavirus.

Baca juga: Update Virus Misterius China, Kini Diduga Bisa Menular Antar-manusia

Untuk diketahui, Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS.

Beberapa coronavirus memang diketahui terdapat pada peredaran darah hewan. Namun, hingga saat ini WHO belum menemukan hewan yang menjadi sumber virus baru ini dan masih terus melakukan pengamatan.

"Sampai sekarang penyebab pastinya dari hewan apa juga belum bisa dipastikan. WHO masih terus dalam penyelidikan," kata Erlina dalam acara "Outbreak Pneumonia di Tiongkok", Jumat (17/1/2020).

Pasalnya, meskipun mewabahnya virus ini dikaitkan dengan pasar ikan di Wuhan, tetapi di lingkungan tersebut juga terdapat hewan-hewan lainnya, termasuk unggas.

Baca juga: Update Virus Misterius China, Bunuh 1 Orang dan Sudah Sampai di Thailand

Oleh sebab itu, masih belum bisa disimpulkan secara pasti penyebab dan bagaimana virus ini ada.

Lagipula, penyakit ini masih tergolong baru.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X