Ini Temuan Arkeologi di Indonesia dalam Satu Dekade Terakhir

Kompas.com - 16/01/2020, 20:32 WIB
Sebuah lukisan di dinding sebuah gua di Sulawesi Selatan diketahui berumur 44.000 tahun. Maxime Aubert / PA WIRESebuah lukisan di dinding sebuah gua di Sulawesi Selatan diketahui berumur 44.000 tahun.

KOMPAS.com - Selama satu dekade ini, para ahli berhasil menggali sejumlah temuan yang memberikan kontribusi dan pengetahuan baru bagi dunia arkeologi di Indonesia.

Sejarah umat manusia masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap.

Hingga kini para ahli dari berbagai negara terus menggali bukti-bukti baru yang dapat memberikan pemahaman terhadap kehidupan manusia di masa lalu.

Di Indonesia, cukup banyak temuan-temuan bersejarah yang memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat. Seperti misalnya, di akhir 2019 lalu sebuah lukisan dinding ditemukan sebuah goa di Sulawesi Selatan.

Bukan sembarang lukisan, sebab lukisan tersebut diperkirakan berusia 44.000 tahun. Berdasarkan peneliti, lukisan itu merupakan kisah perburuan tertua di dunia.

Pada dinding tergambar seekor hewan yang diyakini sebagai anoa, hewan khas Sulawesi, yang sedang diburu oleh sekelompok manusia dengan memakai tombak serta tali.

Tapi bukan hanya itu saja, masih ada temuan-temuan lain yang tak kalah penting. Berikut beberapa yang telah Kompas.com rangkum untuk Anda:

Baca juga: Belum Ada Kulkas, Manusia Purba Sudah Simpan Makanan Buat Besoknya

1. Artefak Perhiasaan Nenek Moyang

Peneliti dari Universitas Griffith berhasil menemukan sisa-sisa peninggalan bernilai seni tinggi di Leang Bulu Bettue, sebuah goa di Sulawesi.

Artefak tersebut berupa kalung, manik-manik yang terbuat dari tulang belulang hewan-hewan. Temuan tersebut diperoleh dari penggalian arkeologi antara 2013 hingga 2015.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X