Eksperimen Antartika Ungkap Partikel Hantu, Peneliti Pakai Alat ini

Kompas.com - 15/01/2020, 18:33 WIB
Gua di bawah lapisan es Antartika yang hangat, bersuhu sekitar 20 derajat Celsius sehingga manusia bisa hanya memakai kaos. ANUGua di bawah lapisan es Antartika yang hangat, bersuhu sekitar 20 derajat Celsius sehingga manusia bisa hanya memakai kaos.


KOMPAS.com - Partikel hantu berupa sinyal neutrino berenergi tinggi yang terdeteksi oleh fisikawan, belum dapat dijelaskan secara rinci.

Melansir Space Alert, Rabu (15/1/2020), sebuah penelitian intensif yang paling mungkin menunjukkan bentuk partikel hantu, membuka jalan untuk spekulasi yang lebih eksotis dari sinyal tersebut.

Berdasarkan data yang dikumpulkan sepanjang tujuh tahun percobaan IceCube yang memburu neutrino.

Akhirnya, tim peneliti dari seluruh dunia dipaksa untuk mengakui penjelasan konvensional dari lemahnya hasil penemuan itu.

Baca juga: Titik Terendah Daratan Bumi Ternyata Ada di Antartika Timur

Neutrino adalah salah satu bagian model standar dari partikel fundamental. Tidak seperti elektron, mereka memiliki massa yang sangat kecil.

Peneliti mencoba menangkap kilasan langka neutrino yang menabrak molekul air beku.

Observatorium IceCube menggunakan seperangkat alat penangkap cahaya sensitif yang terkubur di bawah es Antartika.

Selama hampir satu dekade, alat ini telah merekam ratusan kilat per hari.

Alat ini juga telah membangun basis data informasi yang luas tentang arah dan energi neutrino yang membanjiri Bumi.

Baca juga: Gunung Es Seluas 2,5 Kali DKI Jakarta Segera Pecah dari Antartika

ANITA tangkap kilasan partikel energetik

Dari ketinggian hampir 40 kilometer di atas Antartika, balon helium digantung, dan ditempatkan Antarctic Impulsive Transient Antenna (ANITA) milik Badan Antariksa Amerika (NASA).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X