10 Taksa Burung Baru di Indonesia, Ada Habibie dan Emil Salim

Kompas.com - 14/01/2020, 13:08 WIB
Rhipidura habibiei sp.nov, ditemukan di Pulau Peleng Gambar Agus PriyonoRhipidura habibiei sp.nov, ditemukan di Pulau Peleng

KOMPAS.com - Sebuah ekpedisi penelitian berhasil menemukan 10 taksa burung di Sulawesi dan Maluku Utara. Dua di antaranya dianugerahkan kepada Habibie dan Emil Salim.

Dijelaskan oleh Profesor riset bidang zoologi Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia ( LIPI), Dewi Malia Prawiradilaga, banyaknya taksa burung baru yang ditemukan dari satu kali ekspedisi ini merupakan prestasi yang luar biasa dan sangat langka.

"Baru terjadi lagi setelah lebih dari 100 tahun lalu pasca-ekpedisi yang dilakukan oleh Alfred R Wallace," kata dia.

Menurut Dewi, kondisi alam dengan adanya laut dalam di sekitar pulau-pulau tersebut mendukung proses pembentukan jenis atau dikenal dengan spesiasi.