Ikan Loncat ke Permukaan di Pesisir Gorontalo, Pertanda Gempa dan Tsunami?

Kompas.com - 11/01/2020, 19:07 WIB
Ikan di pinggir pantai Gorontalo INSTAGRAMIkan di pinggir pantai Gorontalo

KOMPAS.com - Beredar video warga berbondong-bondong menangkapi ikan yang berloncatan naik ke permukaan di wilayah Perairan Gorontalo. Warga setempat mengira, hal tersebut merupakan pertanda datangnya tsunami.

Fenomena yang dinilai langka olah sebagian orang di wilayah Perairan Gorontalo itu terjadi di kompleks Pelabuhan Gorontalo pada Senin (6/1/2020).

Benarkah ikan-ikan laut yang loncat ke permukaan adalah pertanda akan datangnya tsunami?

Kompas.com menghubungi Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, untuk mengetahui penjelasan mendasar terjadinya fenomena tersebut.

Baca juga: Bisakah Oarfish Prediksikan Tsunami?

Daryono mengaku, memang banyak pihak yang selalu mengaitkan fenomena ikan-ikan yang mendadak berlompatan di pinggir pantai ini berkaitan dengan adanya pertanda gempa bumi.

"Fenomena kemunculan ikan jenis tertentu dan ikan yang melompat naik ke pantai memang kerap dikaitkan dengan pertanda gempa, pendapat tersebut tentu saja tidak benar," kata Daryono, Sabtu (11/1/2020).

Berdasarkan hasil ilmiah, kata dia, sejauh ini belum menunjukkan adanya bukti yang kuat secara empirik yang menunjukkan adanya keterkaitan. Sehingga fenomena terdamparnya ikan bukan bagian dari precursor gempa bumi.

Hasil kajian yang ada malah menunjukkan adanya kaitan antara kemunculan ikan yang banyak lebih terkait pada musim.

Baca juga: Ahli Gempa BMKG Bantah Oarfish Bisa Prediksi Gempa dan Tsunami

Menurut dia, hal itu dikarenakan dinamika populasi ikan ada kaitannya dengan musim, maka tidak tertutup kemungkinan kejadian seperti di Gorontalo ini terkait musim.

Teori oseanografi lainnya menyebutkan, pengangkatan biota laut dalam ke permukaan hingga terbawa ke pesisir berkaitan dengan fenomena upwelling.

Untuk diketahui, upwelling adalah sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar laut ke permukaan.

Dalam fenomena upwelling biasanya kemunculan ikannya banyak, hingga ada segerombolan ikan sampai ke pantai.

"Selain itu, masih ada faktor lain yang memicu ikan muncul ke pantai, seperti mengikuti dinamika arus laut," ujar Daryono.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X