10 Spesies Burung Penyanyi Baru Ditemukan di Pulau Terpencil Indonesia

Kompas.com - 11/01/2020, 12:05 WIB
Salah satu spesies burung baru yang ditemukan di pulau terpencil Indonesia. guardianSalah satu spesies burung baru yang ditemukan di pulau terpencil Indonesia.

KOMPAS.com - Sepuluh spesies burung penyanyi (songbird) telah ditemukan di tiga pulau terpencil Indonesia. Burung-burung ini merupakan temuan baru di wilayah dengan cakupan geografis kecil dalam kurun waktu lebih dari 100 tahun.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Frank Rheindt dari National University of Singapore ini menjelajahi pulau Taliabu, Peleng, dan Batudaka di lepas pantai timur Sulawesi.

Peneliti menjuluki tiga pulau tersebut dengan dunia yang hilang di Wallacea. Ini tak lain karena lautan dalam yang mengelilingi pulau-pulau tersebut. Jadi saat permukaan laut jauh lebih rendah, tidak mungkin ada jembatan darat yang menghubungkan mahluk hidup ke pulau-pulau lain.

Baca juga: Perubahan Iklim Bikin Ukuran Burung Kian Menyusut

"Isolasi ini menjadikan pulau-pulau ini menjadi tempat yang menjanjikan bagi spesies endemik," kata Rheindt, dikutip dari Newsweek, Kamis (9/1/2020).

Ia juga menambahkan kalau pulau-pulau itu termasuk pulau yang paling jarang dikunjungi oleh kolektor sejarah sepanjang pada abad ke-19 dan awal abad ke-20. Hal itu semakin membuka peluang adanya spesies- spesies baru yang belum terdeteksi.

Tim peneliti menghabiskan 6 minggu di pulau-pulau itu. Dari penjelajahan, mereka menemukan lima spesies burung penyanyi bari dan lima sub spesies baru.

"Beberapa spesies baru sangat jarang ditemukan dalam satu wilayah. Jadi ini sangat tak biasa dan menjadi sebuah kejutan," tambah Rheindt.

Namun sayangnya, spesies baru yang ditemukan ini terancam oleh hilangnya habitat, baik yang disebabkan manusia dan lingkungan.

" Pulau yang kami kunjungi telah kehilangan habitat yang besar. Hutan di dataran rendah Taliabu telah ditebangi dan kini penebang sudah menembus hingga ketinggian 1000 meter.