Penemuan yang Mengubah Dunia: Rudal, Senjata Mematikan di Perang Dunia

Kompas.com - 09/01/2020, 17:02 WIB
Foto yang dirilis pada 10 Juli 2008 oleh situs berita Garda Revolusi Iran, Sepah News, memperlihatkan tiga rudal meluncur di udara dari lokasi yang dirahasiakan pada 9 Juli 2008. AFP/SEPAH NEWSFoto yang dirilis pada 10 Juli 2008 oleh situs berita Garda Revolusi Iran, Sepah News, memperlihatkan tiga rudal meluncur di udara dari lokasi yang dirahasiakan pada 9 Juli 2008.

KOMPAS.com - Iran dan Amerika Serikat masih beradu kekuatan dengan serangkaian serangan rudal. Hal itu menyusul serangan rudal balistik di Irak, Jumat (3/1/2020) pekan lalu.

Buntut dari serangan itu, menewaskan jenderal top Iran, Qasem Soleimani. Kematian sang jenderal pun menuai sorotan dunia.

Aksi balas dendam dilakukan Iran atas kematian jenderal top mereka. Serangkaian serangan dan puluhan rudal diluncurkan Iran untuk menyerang markas pasukan Amerika Serikat.

Baca juga: Iran Hujani Markas Pasukan AS di Irak dengan Puluhan Rudal

Seperti dilansir Sky News, Rabu (8/1/2020), puluhan rudal ditembakkan Divisi Luar Angkasa Garda Revolusi Iran. Serangan rudal tersebut dinamai "Martir Soleimani".

Perang rudal yang memanas antara Iran dan Amerika Serikat diklaim bisa memunculkan Perang Dunia III.

Lalu, kapan sebenarnya teknologi rudal ini mulai digunakan?

Rudal atau peluru kendali merupakan senjata roket berpeluncur yang dirancang untuk memberikan hulu ledak dengan akurasi yang tepat dan kecepatan tinggi.

Merunut Encyclopedia Britannica, jenis rudal sangat bervariasi dari senjata taktis kecil yang efektif dengan jangkauan beberapa ratus mil.

Rudal strategis merupakan senjata yang dirancang untuk menyerang sasaran jauh. Senjata ini memiliki jangkauan hingga ribuan mil.

Hampir semua rudal dilengkapi dengan kendali dan mekanisme kontrol, sehingga disebut dengan peluru kendali.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X