Gempa Aceh Pusatnya di Sinabang, Kok Getarannya sampai Medan?

Kompas.com - 08/01/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi gempa, gempa Banten ShutterstockIlustrasi gempa, gempa Banten

KOMPAS.com - Pada hari Selasa (7/1/2020) pukul 13.05.18 WIB, wilayah Pulau Simeulue, Aceh diguncang gempa tektonik dengan magnitudo M 6,1. Getaran gempa terasa sampai ke Medan.

Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), episenter gempa tektonik tersebut terletak pada koordinat 2.3 LU dan 96.32 BT tepatnya di laut pada jarak 19 km arah selatan Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh, pada kedalaman 20 km.

Dijelaskan Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di zona megathrust.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu penyesaran naik (thrust fault) yang merupakan ciri khas mekanisme gempa megathrust.

Baca juga: Pascagempa, Terjadi Kerusakan Ringan di Simeulue

Kok Terasa sampai Medan?

Lantas, kenapa gempa bumi di Pulau Simeulue, Aceh tersebut bisa terasa getarannya sampai ke Medan?

Menjawab hal itu, Kompas.com menghubungi pakar Tektonik Aktif Geologi Gempa Bumi dari Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM, Gayatri Indah Marliyani, Rabu (8/1/2020).

Gayatri mengatakan bahwa gempa di Semeuleu terjadi pada zona megathrust di lepas pantai yang dekat dengan bagian ujung tenggara Simeuleu.

Besaran gempa ini, kata Gayatri, memang tidak terlalu besar untuk ukuran megathrust, yakni magnitudo 6,4 dengan kedalaman dangkal 20 kilometer jika berdasarkan data USGS.

Namun, arah sesar yang barat laut-tenggara konsisten dengan arah subduksi.

Oleh sebab itulah, getaran dilaporkan terasa sampai di Medan, meski pada skala intensitas kecil yaitu skala II-III MMI yang seperti kendaraan berat lewat di depan rumah.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 6,1 Guncang Aceh, Ada Aktivitas di Zona Megathrust

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X