Kenapa Resolusi Dibuat pada Awal Tahun Baru?

Kompas.com - 08/01/2020, 09:32 WIB
Salah satu peserta 5th Annual Gymnastic Club Competition yang diadakan oleh Circle Gymnastic Club, Sabtu 14 Desember 2019. DOK. Circle Gymnastic ClubSalah satu peserta 5th Annual Gymnastic Club Competition yang diadakan oleh Circle Gymnastic Club, Sabtu 14 Desember 2019.

KOMPAS.COM - Ada banyak cara untuk memeriahkan tahun baru 2020, salah satunya mungkin dengan menyusun resolusi untuk diri sendiri.

Ada yang memiliki resolusi rajin berolahraga, rajin menabung, lebih hemat, stop belanja online, dan hal positif lainnya.

Namun, kenapa Anda membuat resolusi saat tahun baru? Bukankah resolusi dapat dilaksanakan kapan saja?

Menurut seorang sosiolog di Universitas Indonesia Roby Muhamad PH.D, secara psikologis, masyarakat menganggap awal tahun merupakan suatu awal baru. Kebanyakan dari kita berharap, awal yang baru ini diisi oleh hal positif yang baru.

“Karena efek psikologis euforia awal tahun itu saja,” ujarnya saat ditemui pada acara Sun Life Resolution Run 2020 di Jakarta, Selasa (07/01/2020).

Namun, untuk mewujudkan resolusi tersebut, kita tidak hanya bisa berkomitmen pada diri sendiri.

Resolusi dapat terwujud jika kita juga berkomitmen dengan orang lain.

Baca juga: Suka Olahraga di Gym? Hati-hati Tertular Penyakit Ini

Sebagai contoh, Anda memiliki resolusi untuk berolahraga rutin di tahun ini. Untuk mewujudkannya, bergabunglah dengan komunitas atau membuat kelompok untuk pergi ke tempat gym bersama.

Tujuannya, jika Anda sedang malas, teman-teman akan mengingatkan dan menudukung Anda untuk tetap berolahraga.

Lalu, bagaimana menentukan suatu komunitas itu baik bagi Anda?

Roby mengungkapkan, secara umum komunitas yang baik yaitu sesuai dengan ketertarikan atau minat Anda dalam melakukan suatu kegiatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X