Waspada Angin Puting Beliung, Ini Tanda hingga Antisipasinya

Kompas.com - 25/12/2019, 19:03 WIB
Ilustrasi puting beliung KOMPAS.com/M WISMABRATAIlustrasi puting beliung

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap angin puting beliung.

Dijelaskan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo MSc, pada prinsipnya angin puting beliung merupakan angin kencang yang datang secara tiba-tiba, mempunyai pusat, bergerak melingkar seperti spiral hingga menyentuh permukaan bumi dan punah dalam waktu singkat selama 3-5 menit.

Angin puting beliung mempunyai kecepatan rata-rata berkisar 55-74 km per jam, dan berasal dari awan cumulonimbus.

"Angin puting beliung adalah angin kencang, tapi angin kencang belum tentu dapat dikatakan angin puting beliung, tergantung kecepatan angin yang menyerta, waktu kejadiannya singkat setelah itu diikuti angin kencang berangsur melemah kecepatannya," kata Prabowo di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Musim Pancaroba, Ini Ciri-ciri Datangnya Puting Beliung Menurut BMKG

"Tapi, angin puting beliung itu paling umum terjadi di daerah perbatasan kota dan desa. Atau antara daerah dengan suhu panas dan daerah bersuhu dingin," jelasnya.

Hal itu karena daerah perbatasan rentan terhadap tekanan masa udara, dari suhu dingin ke suhu panas. Sehingga memicu adanya pertukaran suhu dan perputaran awan beserta angin di sekitarnya.

Namun, angin puting beliung juga dikatakan Prabowo merupakan peristiwa yang umumnya terjadi secara lokal.

Tanda-tanda datangnya puting beliung

Prabowo mengingatkan kepada masyarakat untuk mengetahui tanda-tanda datangnya puting beliung, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

1. Satu hari sebelumnya, udara pada malam hari hingga pagi hari terasa panas dan gerah.

2. Mulai pukul 10.00 terlihat tumbuh awal Cumulus. Di antara awan tersebut ada satu jenis awan yang batas tepinya sangat jelas berwarna abu-abu menjulang tinggi seperti bunga kol.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X