Kaleidoskop 2019: 5 Kejadian Langka, Moonbow hingga Zebra Polkadot

Kompas.com - 21/12/2019, 19:03 WIB
Tira, anak zebra yang memiliki kelainan genetik yang menyebabkan motif polkadot pada tubuhnya. smithsonianmag.comTira, anak zebra yang memiliki kelainan genetik yang menyebabkan motif polkadot pada tubuhnya.

KOMPAS.com - Alam menyimpan banyak misteri dan hal yang mungkin tak pernah kita bayangkan.

Seperti 5 fenomena paling langka berikut ini yang beruntung dapat direkam kamera dan dijelaskan para peneliti.

Apa saja fenomena langka itu? Mulai dari pelangi di malam hari sampai zebra polkadot.

1. Pelangi di malam hari

Moonbow atau pelangi yang muncul di malam hari adalah salah satu fenomena sangat langka. Beruntung ada yang berhasil menangkap momen ini. Moonbow atau pelangi yang muncul di malam hari adalah salah satu fenomena sangat langka. Beruntung ada yang berhasil menangkap momen ini.

Pada Maret 2019, beberapa orang di belahan bumi utara menyaksikan fenomena supermoon. Menariknya, mereka juga menyaksikan fenomena super langka yang bernama moonbow.

Moonbow adalah pelangi di malam hari. Ini disebabkan oleh bias cahaya bulan.

Melansir IFL Science, Senin (25/3/2019), ada beberapa alasan yang membuat pelangi di malam hari lebih jarang terlihat dibanding siang hari.

Pertama dan terpenting, harus ada tetesan air di sekitar Bulan. Langit juga harus gelap, sehingga tidak bisa dilihat setelah matahari terbenam atau sebelum fajar.

Kemudian, Bulan harus cukup rendah di langit, setidaknya kurang dari 42 derajat dari cakrawali dan ada di fase paling terang.

Cahaya yang dipantulkan Bulan di permukaan hanyalah sebagian kecil dari apa yang kita dapatkan dari Matahari.

Pelangi malam hari tidak hanya langka, tapi juga lebih redup dibanding pelangi siang hari. Seringkali warna yang terlihat hanya putih karena saking redupnya.

Baca selengkapnya: Langka, Pelangi di Inggris Muncul Malam Hari

2. Legenda Moby Dick dalam dunia nyata

Paus putih yang terlihat di Baja California, MeksikoManuel Gonzalez Paus putih yang terlihat di Baja California, Meksiko

Mobi Dick merupakan judul novel karya Herman Melville yang dipublikasikan pada 1851.

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X