Pakar Ular Jelaskan Tarian Ular Kobra di Film-film India

Kompas.com - 18/12/2019, 13:38 WIB
Ular kobra ShutterstockUlar kobra

KOMPAS.COM - Salah satu adegan yang identik dengan film-film India, di samping menari-nari di kebun, adalah tarian ular kobra mengikuti musik seruling pawang. Tarian ini diebut juga dengan snake charming.

Namun, benarkah ular kobra tersebut sedang menari mengikuti iringan musik?

Peneliti reptil dan amfibi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Amir Hamidy, membantahnya.

Dia mengungkapkan bahwa ular tidak memiliki bagian telinga di kepalanya sehinga tidak memiliki kemampuan untuk mendengar musik dan menari seperti di tarian ular.

Apa yang Anda lihat adalah perilaku defensif ular kobra yang dimanfaatkan oleh pawang agar tampak seakan-akan sedang menari. 

Perilaku defensif ular kobra merupakan cara yang digunakan kobra tersebut untuk melindungi diri dari serangan dan gangguan di sekitarnya.

Baca juga: 5 Fakta Teror Ular Kobra di Musim Hujan, Pemicu hingga Mitos Garam

Jika ular kobra marah, perilaku defensif yang dilakukan adalah dengan mengembangkan tudung, menaikkan kepala, dan menyemburkan bisa.

Ular kobra juga merupakan hewan yang sensitif terhadap gerakan sehingga ketika seruling digerakkan di depannya, ular kobra akan merasa terganggu dan mengikuti arah seruling.

“Ketika pawang meniup serulingnya, gerakannya (ular kobra) mengikuti gerakan serulingnya. Mereka sebenarnya merasa terganggu, tidak senang. Hal itu yang dipelajari oleh manusia untuk dijadikan eksploitasi” ujar Amir saat diwawancara via telepon (18/12/2019).

Amir lantas menjelaskan bahwa ular kobra tidak memiliki bisa secara terus menerus. Setelah bisa habis, kelenjar butuh waktu satu minggu untuk memproduksi bisa kembali dan disimpan dalam sebuah kantong di tubuhnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X