Kaleidoskop 2019: 5 Spesies Baru yang Ditemukan di Indonesia Tahun Ini

Kompas.com - 09/12/2019, 19:32 WIB
Ahli zoologi temukan dua spesies burung baru di Sulawesi. Ahli zoologi temukan dua spesies burung baru di Sulawesi.

KOMPAS.com - Alam memiliki banyak misteri dan rahasia yang belum terungkap. Salah satunya aneka satwa spesies baru dengan segala rupa yang unik.

Di tahun ini, ada puluhan spesies baru yang ditemukan ilmuwan di seluruh pelosok dunia.

Semua spesies baru ini sudah terbukti berbeda dengan spesies lain dan telah didokumentasikan dengan baik.

Apa saja spesies baru yang dilaporkan sepanjang 2019?

1. Sulawesi, rumah kumbang Yoda

Trigonopterus yoda, kumbang hijau mengkilat yang dinamakan seperti karakter Stars Wars ditemukan di Sulawesi. Trigonopterus yoda, kumbang hijau mengkilat yang dinamakan seperti karakter Stars Wars ditemukan di Sulawesi.

Maret 2019, ilmuwan menemukan ratusan spesies kumbang baru di hutan tropis terpencil yang ada di Sulawesi. Dalam literatur ilmiah manapun, spesies ini belum pernah dideskripsikan dan mungkin tidak pernah diperhatikan keberadaannya.

Ada 103 jenis kumbang yang baru ditemukan, dan semuanya berasal dari kelompok weevils dan genus Trigonopterus. Kumbang-kumbang itu tergolong kecil, besarnya hanya beberapa milimeter.

Para ilmuwan menamakan mahluk ini berdasarkan karakter Star Wars dan Asterix, termasuk Yoda, kumbang hijau mengkilat, dan Obelix - spesimen yang agak bulat.

Yang lainnya diambil dari nama ilmuwan, termasuk Charles Darwin, perintis DNA Francis Crick, dan James Watson.

Dari ratusan yang ditemukan, hanya satu anggota kelompok yang pernah ditemukan di Sulawesi pada 1885.

Baca selengkapnya: Sulawesi, Rumah Kumbang Yoda Star Wars dan 100 Spesies Baru Lainnya