Musim Hujan Segera Tiba, Ini Cara Cegah Nyamuk DBD Masuk Rumah

Kompas.com - 05/12/2019, 19:04 WIB
Ilustrasi demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. Ilustrasi demam berdarah, nyamuk aedes aegypti.

KOMPAS.com - Saat memasuki musim hujan, masyarakat juga mulai disibukkan untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya Demam Berdarah Dengue ( DBD).

Lantas apakah benar DBD hadir bertepatan dengan musim hujan tiba?

Untuk menjawab hal tersebut, Kompas.com menghubungi Ahli Parasitologi dari Fakultas Kedokter Universitas Indonesia, Prof dr Saleha Sungkar DAP&E MS SpPark, Rabu (5/12/2019).

Saleha berkata bahwa kehadiran DBD memang bertepatan dengan musim hujan, tetapi hanya di awal dan akhir musim hujan.

"Kalau musim hujan pertengahan yang hujannya intensitas besar, mah nyamuknya malah jadi hilang," kata Saleha.

Hal itu karena pada awal dan akhir musim hujan, ketika intensitas hujan terbilang kecil atau rendah, genangan air yang dapat menjadi sarang dan tempat bertelur nyamuk jenis Aedes Aegypti lebih banyak bermunculan.

Baca juga: DBD sampai Kencing Tikus, Waspada 6 Penyakit saat Musim Hujan

"Kalau hujan kecil, wadah-wadah atau kontainer seperti cekungan di pohon, berbagai jenis daun, misalnya daun pisang, semak-semak belukar, talang rumah, ember, atau gelas yang tidak terpakai di tumpukan sampah itu berpotensi terisi air, menggenang, dan nyamuk suka bersarang dan bertelur di sana," jelasnya.

Sementara, pada masa curah hujan yang termasuk intensitas tinggi dan lebat, serta tidak jarang disertai angin kencang, potensi nyamuk untuk dapat bersarang dan bertelur justru menghilang.

"Makanya, kalau saya bilang puncaknya itu ya pas awal dan akhir musim hujan, karena nyamuknya memang lebih aktif dan lebih banyak berkembang dalam masa itu. Itu juga bukan hanya DBD. Cikungunya juga berpotensi karena sama-sama disebabkan oleh nyamuk," tuturnya.

Mencegah DBD

Menurut Saleha, mencegah DBD sejatinya adalah mencegah faktor risiko yaitu tempat tumbuh kembangnya nyamuk tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X