Mengenal Hepatitis A yang Mewabah di Depok, dari Gejala sampai Pencegahan

Kompas.com - 05/12/2019, 17:03 WIB
Hepatitis A SHUTTERSTOCKHepatitis A

KOMPAS.com - Penyakit hepatitis A menjadi perhatian masyarakat Indonesia usai menginfeksi puluhan murid dan guru di SMPN 20 Depok dan beberapa sekolah lainnya.

Dilansir dari artikel Kompas.com, Kamis (5/12/2019); hingga tanggal 3 Desember 2019, Pemerintah Kota Depok telah menemukan 262 kasus gejala klinis Hepatitis A di Depok dan menetapkannya sebagai Kejadian Luar Biasa.

Namun, rupanya penyakit ini masih diliputi oleh banyak pertanyaan. Berikut adalah jawaban untuk beberapa pertanyaan mengenai hepatitis A, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Apa itu hepatitis A?

Hepatitis A merupakan infeksi pada organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A (HAV). Penyakit ini bersifat akut jangka pendek.

Baca juga: Wabah Hepatitis A di Depok, Kemenkes Lakukan Penyelidikan Epidemiologi

2. Bagaimana penularannya?

Virus hepatitis A terdapat pada feses orang yang terinfeksi, sehingga penularannya sangat berhubungan dengan kebersihan lingkungan yang buruk dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) yang kurang.

Virus hepatitis A paling sering ditularkan lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi. Selain itu, virus ini juga bisa ditularkan melalui hubungan seksual secara anal atau oral.

3. Bagaimana gejalanya?

Gejala infeksi virus hepatitis A cenderung bervariasi. Ada yang tanpa gejala, ada yang demam dan tidak nafsu makan, hingga ada yang mengalami gangguan fungsi hati.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X