Bukti Baru, Nenek Moyang Manusia Tak Sebabkan Neanderthal Punah

Kompas.com - 01/12/2019, 19:32 WIB
Wajah manusia Neanderthal ditampilkan untuk pameran Neanderthal di Musee de lHomme di Paris. Wajah manusia Neanderthal ditampilkan untuk pameran Neanderthal di Musee de lHomme di Paris.

KOMPAS.com - Homo sapiens bukanlah satu-satunya spesies manusia yang ada di muka Bumi.

Selain Homo sapiens, salah satu spesies yang pernah menghuni dunia ini adalah Homo neanderthalensis. Tapi mereka menghilang sekitar 40.000 tahun yang lalu. Mengapa? tak ada yang tahu.

Berbagai teori berusaha menjawab punahnya salah satu sepupu manusia itu. Ada hipotesis yang menyebutkan bahwa persaingan dengan manusia modern mendorong penurunan Neanderthal.

Namun penelitian baru menunjukkan pandangan lain. Peneliti mengungkap kalau kematian spesies itu karena faktor demografis yang buruk.

Baca juga: Bentuk Tengkorak Bisa Jadi Pertanda Anda Keturunan Neanderthal

Dalam studi yang dilakukan oleh Krist Vaesen bersama tim dari Eindhoven University of Technology di Belanda, mereka menyimulasikan populasi Neanderthal mulai dari 50-5.000 individu dengan mengabaikan faktor interaksi dengan manusia modern.

Para peneliti selanjutnya memasukkan 3 elemen yang diketahui memiliki efek besar dalam sebuah populasi.

Elemen itu termasuk dampak perkawinan sedarah, efek Alle atau fenomena biologis yang dampak mengurangi kebugaran individu dalam kelompok, dan stochasticity atau fluktuasi demografi yang akhirnya membuat kerugian kelompok kecil dalam hal kelangsungan hidup.

Menurut peneliti, faktor di atas sudah cukup mengakibatkan kepunahan Neanderthal dalam rentang waktu 10.000 tahun.

"Hilangnya Neanderthal merupakan hasil dari faktor demografis saja yang terjadi dalam populasi kecil," kata Vaesen dilansir Newsweek, Jumat (27/11/2019).

Hasil ini masuk akal mengingat populasi spesies Neanderthal diperkirakan hanya ribuan, berada pada kisaran 5.000-70.000 saja. Mereka kemudian mampu bertahan selama beberapa ribu tahun sebelum akhirnya punah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X