Kebisingan yang Dihasilkan Manusia Jadi Polutan Global

Kompas.com - 26/11/2019, 20:04 WIB
Suara bising dihasilkan tak hanya dari kendaraan, pesawat, kapal di lautan namun juga wilayah industri di pusat-pusat kota yang padat. science alertSuara bising dihasilkan tak hanya dari kendaraan, pesawat, kapal di lautan namun juga wilayah industri di pusat-pusat kota yang padat.

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkapkan jika suara bising yang tercipta dari manusia harus diperlakukan sebagai polutan global. Keriuhan-keriuhan itu diketahui telah berdampak negatif pada ekosistem, termasuk di dalamnya adalah beberapa hewan yang sensitif terhadap kebisingan.

"Hewan yang terganggu mulai dari amfibi, artropoda, burung, ikan, mamalia, moluska, dan reptil berbagai ukuran," kata ilmuwan dari Queen's University Belfast seperti dikutip dari situs Phys.org, Selasa (26/11/2019).

Baca juga: Resisten Antimikroba Jadi Ancaman Terbesar Kesehatan Global

Suara bising berasal tak hanya dari kendaraan, pesawat, kapal di lautan namun juga wilayah industri di pusat-pusat kota yang padat.

Studi yang dipublikasikan dalam Royal Society's Biology Letters ini menyebutkan respon hewan terhadap suara bising dari manusia memang tidak selalu langsung dirasakan. Namun beberapa contoh mengungkapkan kalau suara buatan manusia berdampak negatif.

Misalnya saja suara bising terbukti menganggu sistem deteksi sonar yang digunakan kelelawar untuk menemukan mangsa.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Sistem sonar yang terganggu juga dialami oleh paus. Suara yang dihasilkan oleh kapal-kapal yang melaju di lautan membuat mereka kehilangan arah.

Di sisi lain, mangsa pun juga turut terkena imbas. Beberapa hewan yang mengandalkan suara untuk mendeteksi pemangsa akan mengalami kesulitan untuk menghindari predator.

"Mereka mungkin tak dapat mendengar sehingga tak cukup waktu untuk melarikan diri," kata Hansjoerg Kunc, salah satu peneliti studi ini.