Waspada Vitiligo, Kelainan Pigmen Warna pada Kulit

Kompas.com - 21/11/2019, 10:06 WIB
Ilustrasi Vitiligo shutterstock.comIlustrasi Vitiligo

KOMPAS.com - Vitiligo atau kelainan pigmen warna yang terjadi di kulit tubuh memang dinyatakan tidak berbahaya atau mengancam nyawa secara langsung.

Meski begitu, Anda juga mungkin tidak menginginkan vitiligo terjadi pada kulit tubuh.

Dokter kulit di Klinik Pramudia, dr Dian Pratiwi SpKK FINSDV FAADV, mengatakan bahwa ada tindakan atau deteksi dini yang bisa Anda lakukan untuk mengidentifikasi vitiligo sedari awal.

"Dalam melakukan deteksi dini vitiligo, kita bisa melihat atau mencari tanda-tanda vitiligo itu dahulu di tubuh kita," kata dokter yang akrab disapa dr Helen ini di Jakarta, Rabu (19/11/2019).

Berikut tanda-tanda vitiligo:

1. Warna kulit putih susu

Orang yang mengalami vitiligo pada umumnya masih memiliki warna kulit alami. Ketika sel-sel pembentuk pigmen melanin (melanosit) berhenti berfungsi, saat itulah bercak-bercak putih pada kulit muncul.

"Biasanya penderita vitiligo akan terlihat memiliki dua warna kulit, yang lebih gelap yaitu kulit asal atau kulit alami, dan yang putih pucat seperti susu adalah tanda vitiligo," ujar dr Helen.

Selain itu, warna kulit putih susu tersebut bisa dikatakan polos, alias tanpa ada bercak lain (berwarna hitam atau bintik-bintik putih).

2. Perubahan warna rambut

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X