Soal Betrand Peto Minum ASI Sarwendah, Ini Kata Ahli Gizi

Kompas.com - 19/11/2019, 16:04 WIB
Sarwendah Tan dan Betrand Peto saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISISarwendah Tan dan Betrand Peto saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

KOMPAS.com – Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan gizi terpenting pada masa awal kehidupan. ASI mengandung 87,5 persen air serta kolostrum, karbohidrat, protein, lemak, karnitin, vitamin juga mineral. Tidak ada sumber nutrisi yang bisa menyamai kandungan dari ASI.

ASI memenuhi asupan nutrisi bayi baru lahir hingga balita (toddler). Namun, bagaimana bila ibu memberikan ASI kepada anak yang sudah terbilang dewasa?

Hal ini dilakukan oleh Sarwendah Tan. Istri dari Ruben Onsu itu memberikan ASI kepada anak angkatnya, Betrand Peto, yang kini berusia 14 tahun.

ASI tersebut merupakan ASI perah yang juga diberikan Sarwendah kepada kedua anaknya, Thalia dan Thania.

Baca juga: Benarkan Beri ASI untuk Betrand Peto, Sarwendah: Awalnya Dikira Bercanda

Pemenuhan nutrisi

Ahli nutrisi Dr dr Tan Shot Yen, M.hum., mengatakan bahwa ASI pada hakikatnya merupakan makanan komplet untuk bayi yang diasup secara eksklusif pada enam bulan pertama.

Kemudian, diteruskan bersama Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang benar hingga dua tahun.

“Nah saat anak sudah tumbuh gigi dan punya habit makan, maka nutrisi yang sebenarnya dari manusia tentu bergeser,” tutur dr Tan kepada Kompas.com, Selasa (19/11/2019).

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Lalu bagaimana dengan kebutuhan nutrisi anak berusia 14 tahun? dr Tan menyebutkan bahwa anak dengan usia tersebut tidak bisa mendapat nutrisi cukup dari ASI.

“Pada usia tersebut yang penting adalah pemenuhan nutrisi dari makanan pokok yang terdiri dari karbohidrat, sayuran, buah-buahan, lauk-pauk, dan air putih,” paparnya.

Baca juga: Bayi Minum Kopi karena ASI Tak Keluar, Ahli Gizi Paparkan Faktanya

Meski ASI memiliki segudang kandungan baik, lanjut dr Tan, namun tetap tidak akan cukup untuk pemenuhan nutrisi anak seusia Betrand Peto.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X