Djaduk Ferianto Meninggal, Kapan Seseorang Perlu Pasang Ring Jantung?

Kompas.com - 13/11/2019, 08:10 WIB
Djaduk Ferianto dan Kuaetnika menampilkan lagu tema film Mission: Impossible dengan aransemen berbeda pada Kulon Progo Festival 2017 yang digelar di Bendung Khayangan, Kulon Progo, Minggu (26/11/2017). KOMPAS.COM/KISTYARINIDjaduk Ferianto dan Kuaetnika menampilkan lagu tema film Mission: Impossible dengan aransemen berbeda pada Kulon Progo Festival 2017 yang digelar di Bendung Khayangan, Kulon Progo, Minggu (26/11/2017).

KOMPAS.com - Seniman musik Djaduk Ferianto meninggal dunia. Hal itu dikabarkan kakaknya, seniman Butet Kertaredjasa melalui akun Instagramnya @masbutet, Rabu (13/11/2019).

Penggagas acara musik tahunan Ngayogjazz itu menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 2.30 WIB di usia 55 tahun.

Dari sejumlah sumber, Djaduk meninggal karena serangan jantung. Dia pun memiliki riwayat sakit jantung.

Sebelumnya Djaduk pernah disarankan dokter untuk melakukan operasi pemasangan ring jantung, tapi hal ini tidak jadi dilakukan.

Lantas, apa itu pemasangan ring dan manfaatnya untuk penderita sakit jantung?

Baca juga: Seniman Musik Djaduk Ferianto Meninggal Dunia

Ring jantung dan manfaatnya

Dalam dunia medis, pemasangan ring jantung disebut sebagai stent jantung.

Dilansir Hello Sehat, ring atau stent terbuat dari logam ataupun plastik yang berbentuk tabung kecil yang tersusun dari kawat-kawat yang nampak seperti jala.

Pemasangan ring ini menetap, sehingga akan melekat di jantung dan tidak bisa dikeluarkan lagi. Oleh karenanya, permukaan ring dilapisi dengan obat-obatan yang membantu menjaga arteri yang tersumbat agar tidak tertutup.

Pemasangan ring bertujuan untuk memperlancar aliran darah ke jantung akibat adanya penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah jantung koroner.

Biasanya, pembuluh darah yang tersumbat akibat dari penumpukan plak kolesterol atau zat lain yang menempel di dinding pembuluh.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X