Kemenkes Luncurkan 6 Inovasi Pembangunan Kesehatan, Apa Saja?

Kompas.com - 08/11/2019, 13:04 WIB
Sekjen Kemenkes RI Oscar Primadi meluncurkan 6 inovasi bidang kesehatan di pembukaan Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri dalam rangka Hari Kesehatan Nasional Ke-55 Tahun 2019. Kementerian KesehatanSekjen Kemenkes RI Oscar Primadi meluncurkan 6 inovasi bidang kesehatan di pembukaan Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri dalam rangka Hari Kesehatan Nasional Ke-55 Tahun 2019.

KOMPAS.com - Inovasi pengembangan berbagai sektor selalu menjadi prioritas pemerintah Indonesia. Hal ini tak terkecuali Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) Republik Indonesia yang selalu berupaya untuk mengembangkan cara-cara baru yang dapat mengakselerasi pembangunan kesehatan nasional.

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-55 tahun 2019, Kementerian Kesehatan meluncurkan enam inovasi bidang kesehatan.

Peluncuran yang diadakan pada acara pembukaan Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri di Tangerang, Kamis 7 November 2019 tersebut diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, Oscar Primadi.

Adapun inovasi yang diluncurkan adalah sebagai berikut:

Baca juga: Bali Bisa Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Indonesia, Ini Alasannya...

1. Buku Capaian Kerja Sama Bilateral Bidang Kesehatan Tahun 2015-2019, yang menunjukkan upaya pengembangan kemitraan dengan negara lain dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan, baik dalam bentuk kerja sama bilateral, regional, maupun global sangat diperlukan.

2. Aplikasi “Online Monitoring Kerja Sama Kementerian Kesehatan dengan Mitra Asing”, yang memudahkan monitoring perkembangan kerja sama dengan mitra asing.

3. Aplikasi “Online Integrated Depository and Monitoring System (IDeMS)”, untuk membangun mekanisme pemantauan cepat permintaan endorsement online serta membangun networking portal untuk forum diskusi antar ASEAN.

4. Aplikasi online “Emergency Operation Center (EOC)”, mengintegrasikan data dan informasi kegawatdaruratan serta kesiapsiagaan yang tersebar pada sistem informasi di lintas program ke dalam sistem informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan.

5. Aplikasi Sistem Informasi Terpadu Kesehatan Kerja dan Olahraga (SITKO), yang memperkuat upaya-upaya Kesehatan Kerja dan Olahraga di setiap tingkatan.

6. Aplikasi Bahan Baku Kosmetika (e-BBKOS), penyusunan aplikasi berupa web base berisi 15.000 bahan baku kosmetika sebagai salah satu acuan mutu, keamanan dan kemanfaatan kosmetika serta memberikan referensi dalam proses formulasi dan notifikasi produk kosmetika di Indonesia.

Baca juga: PERSI Bali Sebut 3 Tantangan Pelayanan Kesehatan di Indonesia

Tema Peringatan HKN ke-55 Tahun 2019 yang diadakan selama tiga hari hingga Sabtu (9/11/2019) adalah Generasi Sehat, Indonesia Unggul.

Menurut Oscar, tema ini menggambarkan pentingnya upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pada pelaksanaan pembangunan kesehatan secara komprehensif dalam rangka mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045.

"Kita harus perluas akses kesehatan dengan memanfaatkan teknologi inovasi ke seluruh pelosok tanah air untuk meningkatkan kualitas kesehatan melalui budaya hidup sehat," ujar Oscar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X