PERSI Bali Sebut 3 Tantangan Pelayanan Kesehatan di Indonesia

Kompas.com - 31/10/2019, 20:04 WIB
Ilustrasi rumah sakit SHUTTERSTOCKIlustrasi rumah sakit

KOMPAS.com - Pelayanan kesehatan menjadi salah satu aspek yang paling disoroti masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan pelayanan kesehatan yang tidak sesuai atau tidak optimal dalam berbagai hal.

Terkait hal ini, apa sebenarnya tantangan dari penyedia pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik dan unit terkecil bahkan Puskesmas agar pelayanan kesehatan bisa dilakukan dengan optimal?

Ketua Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia ( PERSI) wilayah Bali, Dr i Gede Wiryana Patra Jaya mengatakan ada tiga tantangan besar dalam melakukan perkembangan dan perbaikan dalam pelayanan kesehatan. Pertama adalah Sumber Daya Manusia (SDM). 

"SDM ini tantangannya bukan jumlah. Misal seperti di Bali sendiri, SDM itu masalahnya distribusinya tidak merata," kata Patra dalam acara perkenalan situs referensi pertama Philips iGS dan ICCA di Indonesia, Bali (30/10/2019).

Baca juga: 4 Negara dengan Pelayanan Kesehatan Terbaik

Menurut Patra, itulah mengapa tidak semua fasilitas pelayanan kesehatan memiliki banyak tenaga medis. Terutama rumah sakit kelas bawah ataupun jauh dari akses jangkauan.

Kedua ialah tantangan sarana dan prasarana. Diakui Patra bahwa ini merupakan tantangan yang dimiliki oleh berbagai pelayanan kesehatan.

"Tapi kami melihat secara umum kalau di Bali sendiri, sarana dan prasarana di rumah sakit sudah sesuai dengan standar kelas-kelasnya," tuturnya.

Namun, memang tetap diperlukan penjagaan dan perkembangan lebih lanjut terhadap fasilitas yang telah dimiliki setiap rumah sakit saat ini.

Ketiga, adalah persoalan sistem digital. Tidak dapat dipungkiri, kata Patra bahwa pelayanan kesehatan juga harus mengikuti era digitalisasi saat ini.

Baca juga: Remaja Sulit Mengakses Pelayanan Kesehatan Reproduksi

Bahkan, pelayanan kesehatan yang dilengkapi dengan standar digital juga akan memiliki dampak yang sangat baik bagi kinerja tenaga medis. Termasuk efisiensi serta efektivitas pelayanan kepada pasien rumah sakit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X