Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Hari Ini sampai Besok, Beberapa Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Kompas.com - 06/11/2019, 08:15 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya potensi hujan lebat, angin kencang, disertai kilat atau petir dalam dua hari ke depan (6 dan 7 November 2019) di beberapa wilayah Indonesia.

Hasil pantauan BMKG menunjukkan, ada intrusi massa udara kering dari belahan bumi selatan (BBS) melintasi wilayah Samudra Hindia barat Sumatera, Jawa-Bali-NTB, Laut Flores, Laut Sawu, Maluku bagian tenggara, Laut Banda, Laut Arafura, dan perairan Merauke.

Baca juga: Belum Rata, Hujan di Sejumlah Wilayah Bikin Suhu Indonesia Dingin

Di depan muka intrusi, kondisi massa udara akan menjadi lebih lembab dan mendukung potensi konveksi kuat.

Terdapat pusat tekanan rendah (low) di Laut China Selatan bagian utara, sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Selatan NTT (level 925/850 hPa), dan di Papua (level 925/850 hPa).

Konvergensi terdapat di wilayah Laut Andaman, Laut China Selatan, perairan timur Vietnam dan Samudra Pasifik utara Papua.

Terdapat belokan angin di wilayah Sumatra bagian utara dan tengah, Kalimantan bagian barat dan timur, Sulawesi bagian tengah, Maluku bagian tengah, Papua Barat, dan Papua.

Low level jet stream dengan kecepatan angin dapat mencapai >25 knot berpotensi terjadi di Laut China Selatan, Samudra Pasifik utara Papua, dan Australia bagian utara.

Fenomena di atas berdampak pada adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir di sejumlah wilayah pada hari ini hingga besok.

Rabu (6/11/2019)

Wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat hari ini ialah Sumatera Utara dan Kalimantan Utara.

Kemudian wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir pada hari ini adalah Aceh, Riau, Jambi, Sulawesi Tengah, Papua.

Kamis (7/11/2019)

Sementara Kamis besok, wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Riau, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat.

Wilayah yang masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir pada Kamis (7/11/2019) adalah Aceh dan Papua.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Jabar dan Jatim Hari Ini, Potensi Hujan Besar di Sebagian Wilayah

BMKG terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut.

"Agar selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," tulis BMKG dalam keterangan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com