Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prakiraan Cuaca di Jabar dan Jatim Hari Ini, Potensi Hujan Besar di Sebagian Wilayah

Kompas.com - 03/11/2019, 12:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca hari ini, Minggu (3/10/2019).

Untuk wilayah Jawa Barat, pagi hari secara umum cuaca cerah berawan. Potensi hujan ringan terlihat di Garut, Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya, Subang, Bandung, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, Bogor, dan Majalengka.

Pada siang hingga sore hari, cuaca secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan sedang hingga lebat di Cianjur, Sukabumi, Bogor, Depok, Bandung, Garut, Sumedang, Purwakarta, Subang, Karawang, dan Bekasi.

Baca juga: BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin di Indonesia, termasuk Jawa

Pada malam hari, Jawa Barat secara umum berawan dengan angin bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan 05-35 km/jam.

BMKG memberi peringatan potensi hujan antara siang jelang malam hari yang dapat disertai petir/kilat dan angina kencang di sebagian wilayah Cianjur, Sukabumi, Bogor, Depok, Bandung, Garut, Sumedang, Purwakarta, Subang, dan Karawang.

Suhu udara di Jawa Barat wilayah utara berkisar 23-25 derajat Celcius dengan kelembapan udara 40-90 persen. Sementara itu, suhu udara di Jawa Barat bagian selatan berkisar 19-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 45-97 persen.

IlustrasiTHINKSTOCKPHOTOS.com/ABykov Ilustrasi

Jawa Timur

BMKG juga merilis prakiraan cuaca di Jawa Timur pada hari ini, Minggu (3/10/2019). Pagi hari cerah berawan dan hujan lokal di beberapa wilayah. Sementar siang hingga sore hari diperkirakan cerah berawan dan hujan sedang-lebat.

Pada malam hari diperkirakan akan berawan dan hujan lokal, dengan hujan intensitas sedang di beberapa wilayah.

Baca juga: Kemenkes: 2 Hal Terkait Cuaca Panas yang Harus Diperhatikan

Hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat diperkirakan akan terjadi pada siang atau sore hari. Hujan akan terjadi di wilayah Kabupaten Pasuruan, Bangkalan, Jombang, Sampang, Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, Lamongan, Tuban, Kota Mojokerto, Bojonegoro, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Pamekasan, dan Situbondo.

Suhu udara di Jawa Timur berkisar 17-35 derajat Celcius dengan kelembapan 40-100 persen. Angin berhembus dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 05-30 km/jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com