5 Cara Alami untuk Bersihkan Paru Anda

Kompas.com - 05/11/2019, 19:06 WIB
Ilustrasi paru-paru yodiyimIlustrasi paru-paru

KOMPAS.com - Bagi penduduk kota besar termasuk Jakarta, setiap hari kita menghirup udara kotor. Polusi, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru Anda. 

Padahal, paru merupakan organ vital yang menentukan keberlangsungan hidup Anda. Penting bagi kita untuk menjaga kondisi paru agar tetap sehat.

Dilansir dari Medical News, berikut lima cara alami untuk membersihkan paru Anda.

Terapi uap

Udara dingin dan kering dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara, serta membatasi aliran darah.

Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan uap untuk menambah kehangatan dan kelembapan udara yang dapat meningkatkan pernapasan. Serta membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru.

Menghirup uap air juga dapat membantu Anda untuk bernapas lebih mudah.

Hal ini diketahui dari sebuah penelitian kecil yang melibatkan 16 laki-laki dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) - suatu kondisi paru yang membuat kesulitan dalam bernapas.

Ditemukan bahwa terapi masker uap menyebabkan detak jantung serta tingkat pernapasan secara signifikan lebih rendah daripada tidak menggunakan masker tanpa uap.

Terapi ini mungkin merupakan solusi sementara yang efektif, tetapi perlu dilakukan banyak penelitian sebelum memahami manfaat ini pada kesehatan paru.

Batuk terkontrol

Batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan racun yang terperangkap dalam lendir. Dan batuk yang terkontrol dapat mengurangi lendir berlebih di paru dan mengirimkannya melalui saluran udara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X