Berdiri Terlalu Dekat dengan Microwave, Akankah Terpapar Radiasi?

Kompas.com - 28/10/2019, 20:25 WIB
Memakai Oven Listrik dan Microwave Berlebihan
ShutterstockMemakai Oven Listrik dan Microwave Berlebihan

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang memanaskan makanan di microwave, mulai dari sayuran beku sampai makanan matang. Namun pernahkah Anda mendengar soal radiasi microwave?

Radiasi pada microwave membuat banyak orang bertanya-tanya, amankah berdiri dalam jarak dekat dengan microwave? Apakah Anda perlu khawatir tentang hal ini?

Mengutip Live Science, Senin (28/10/2019), Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat ( FDA) menyebutkan, cidera akibat radiasi microwave sangat jarang terjadi.

Microwave sendiri memiliki jenis radiasi elektromagnetik, atau gelombang energi yang bergerak di luar angkasa. Radiasi ini bisa dalam bentuk berbeda seperti gelombang radio, x-rays, atau sinar gamma.

Baca juga: Hindari Memanaskan 3 Makanan Ini di Microwave

Radiasi microwave seperti gelombang radio, yang menurut FDA merupakan jenis “non-ionizing radiation”. Artinya, gelombang ini tidak memiliki energi yang cukup untuk membuat elektron keluar dari atom.

Karena itulah menurut American Cancer Society, microwave diketahui tidak merusak DNA di dalam sel.

Sebaliknya, x-rays dan sinar gamma diklasifikasikan sebagai “ionizing radiaton”, jenis gelombang yang memiliki energi yang cukup untuk menghilangkan elektron dari atom dan dapat merusak sel serta DNA.

Akan tetapi meskipun microwave tidak menimbulkan risiko terhadap kesehatan sama sekali, bukan berarti pemanas makanan tersebut bebas risiko.

Ilustrasi memanaskan makanan dalam plastik dengan microwave. Ilustrasi memanaskan makanan dalam plastik dengan microwave.

Microwave bekerja untuk memanaskan makanan dengan membuat molekul air bergetar yang menghasilkan panas.

Secara teori, microwave dapat memanaskan jaringan tubuh dengan cara yang sama seperti memanaskan makanan. Dan menurut FDA, pada tingkat tinggi, gelombang mikro dapat menyebabkan luka bakar dan katarak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X