Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berdiri Terlalu Dekat dengan Microwave, Akankah Terpapar Radiasi?

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang memanaskan makanan di microwave, mulai dari sayuran beku sampai makanan matang. Namun pernahkah Anda mendengar soal radiasi microwave?

Radiasi pada microwave membuat banyak orang bertanya-tanya, amankah berdiri dalam jarak dekat dengan microwave? Apakah Anda perlu khawatir tentang hal ini?

Mengutip Live Science, Senin (28/10/2019), Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) menyebutkan, cidera akibat radiasi microwave sangat jarang terjadi.

Microwave sendiri memiliki jenis radiasi elektromagnetik, atau gelombang energi yang bergerak di luar angkasa. Radiasi ini bisa dalam bentuk berbeda seperti gelombang radio, x-rays, atau sinar gamma.

Radiasi microwave seperti gelombang radio, yang menurut FDA merupakan jenis “non-ionizing radiation”. Artinya, gelombang ini tidak memiliki energi yang cukup untuk membuat elektron keluar dari atom.

Karena itulah menurut American Cancer Society, microwave diketahui tidak merusak DNA di dalam sel.

Sebaliknya, x-rays dan sinar gamma diklasifikasikan sebagai “ionizing radiaton”, jenis gelombang yang memiliki energi yang cukup untuk menghilangkan elektron dari atom dan dapat merusak sel serta DNA.

Akan tetapi meskipun microwave tidak menimbulkan risiko terhadap kesehatan sama sekali, bukan berarti pemanas makanan tersebut bebas risiko.

Microwave bekerja untuk memanaskan makanan dengan membuat molekul air bergetar yang menghasilkan panas.

Secara teori, microwave dapat memanaskan jaringan tubuh dengan cara yang sama seperti memanaskan makanan. Dan menurut FDA, pada tingkat tinggi, gelombang mikro dapat menyebabkan luka bakar dan katarak.

Tetapi jenis ini cidera ini sangat langka, dan umumnya terjadi ketika orang terpapar radiasi dalam jumlah besar melalui lubang di oven.

Terlebih lagi, FDA mengharuskan microwave dirancang sedemikian rupa untuk mencegah kebocoran radiasi dengan mengharuskan hadirnya dua sistem interlock yang menghentikan produksi gelombang saat pintu dibuka.

Perusahaan juga diminta untuk mengharuskan microwave memiliki sistem pemantauan yang menghentikan pekerjaan jika salah satu sistem interlock tidak bekerja.

Sebagai tambahan, FDA juga menyarankan Anda untuk tidak bersandar atau berdiri berdekatan dengan microwave dengan waktu yang lama saat beroperasi.

Dan secara umum, orang terluka akibat luka bakar yang disebabkan karena menyentuh wadah atau makanan yang panas.

https://sains.kompas.com/read/2019/10/28/202500823/berdiri-terlalu-dekat-dengan-microwave-akankah-terpapar-radiasi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke