Belasan Tikus Diajari Menyetir Mobil Mini, Apa Tujuannya?

Kompas.com - 28/10/2019, 17:00 WIB
Tikus eksperimen Kelly LambertTikus eksperimen

KOMPAS.com - Satu-satunya makhluk hidup yang bisa menyetir mobil mungkin hanya manusia. Namun anggapan ini salah. Ilmuwan AS baru saja membuktikan, tikus juga bisa menyetir mobil mini.

Dilansir Science Alert, Rabu (23/10/2019), para ilmuwan melatih 18 tikus (11 jantan dan enam betina) untuk membawa makanan dengan mobil mini. Latihan menyetir mobil spesial dilakukan di laboratorium University of Richmond, Virginia, AS.

Pelatih setir mobil khusus tikus adalah para ahli saraf dari Universitas Richmond, Kelly Lambert bersama tim.

Bukan sembarang uji coba, Lambert ingin menguji seberapa besar usaha tikus untuk mempelajari hal-hal sulit, seperti mengemudi.

Baca juga: Tanpa Modifikasi Gen, Peneliti Berhasil Memanjangkan Umur Tikus

Hasil riset yang terbit di Behavioural Brain Research pada 16 Oktober 2019, diterangkan bahwa mobil mini itu terbuat dari wadah plastik trasparan yang dilengkapi tiga batang tembaga sebagai setir dengan lantai aluminium.

Setir mobil yang terdiri dari sebatang tembaga dan "pedal" yang terdiri dari tiga batang  alumunium menghasilkan tenaga yang dapat menggerakkan mobil.

Tikus-tikus yang telah dilatih tersebut, dapat mengontrol arah mobil dengan menggenggam setir ke arah kiri, kanan, atau tengah dengan cakar mungil mereka.

Untuk melatih para tikus, Lambert dan tim meletakkan camilan Fruit Loops di sekitar trek mengemudi.

Ketika tikus-tikus menyentuh makanan tersebut, mobilnya akan bergerak.

Ketika tikus berhasil menggerakkan mobil, para ilmuwan memperbesar area trek mengemudi menjadi empat meter persegi.

Tim peneliti secara bertahap menempatkan Fruit Loops lebih jauh dari sebelumnya, agar tikus dapat menyempurnakan cara menyetir mereka.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X