Tanpa Modifikasi Gen, Peneliti Berhasil Memanjangkan Umur Tikus

Kompas.com - 21/10/2019, 17:36 WIB
Ilustrasi tikus Francisco MartinsIlustrasi tikus

KOMPAS.com – Tahukah Anda tentang telomer? Telomer adalah bagian paling ujung dari DNA linear yang selalu berulang-ulang. Telomer berperang penting dalam menjaga kestabilan genom tiap sel dalam tubuh kita.

Telomer pula yang menjadi fokus eksperimen para peneliti. Baru-baru ini, sekelompok peeliti dari Spanish National Cancer Research Center (CNIO) berhasil memanjangkan umur tikus sebesar 24 persen hanya dengan memanjangkan telomer.

Faktanya, semakin usia bertambah, semakin pendek pula telomer. Banyak studi yang meneliti faktor-faktor kekuatan pada telomer, dan bagaimana untuk menjaganya agar tetap panjang.

Namun, sampai saat ini studi tersebut pasti mencakup modifikasi gen. Dengan modifikasi gen, para peneliti memang bisa memanjangkan telomer hingga dua kali lipat ukuran aslinya.