Serba-serbi Heat Stroke, dari Penyebab, Gejala hingga Penanganan

Kompas.com - 23/10/2019, 08:11 WIB
Seorang perempuan menggunakan tangannya untuk menahan sinar matahari agar tidak kepanasan di siang hari yang terik SHUTTERSTOCKSeorang perempuan menggunakan tangannya untuk menahan sinar matahari agar tidak kepanasan di siang hari yang terik

KOMPAS.com - Tinggal di negara yang beriklim tropis, siang yang terik sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga Indonesia. Namun, Anda tetap harus berhati-hati. Cuaca yang terlalu panas bisa menyebabkan heat stroke atau sengatan panas.

Dilansir dari Mayoclinic, heat stroke disebabkan oleh tubuh yang yang mencapai suhu 40 derajat celcius. Biasanya, heat stroke diakibatkan oleh paparan atau aktivitas yang terlalu lama di pada suhu udara tinggi.

Cedera ini adalah keadaan darurat medis yang jika tidak ditangani secara cepat, akan merusak organ-organ vital tubuh seperti otak, jantung, ginjal, dan otot. Kemudian jika kondisi ini terlambat untuk ditangani, akan berpengaruh pada penyakit komplikasi hingga kematian.

Kondisi ini seringkali terjadi pada bayi, anak-anak, wanita hamil, dan lansia dikarenakan suhu tubuh inti yang cenderung lebih labil.

Baca juga: Pelaksanaan Haji Saat Musim Panas, Ikuti Tips Mencegah Heat Stroke

Pemicu

Heat stroke dipicu oleh dua penyebab:

• Paparan yang berkepanjangan pada suhu tinggi. Heat stroke yang diakibatkan oleh pemicu ini disebut dengan heat stroke exertional (klasik). Biasanya, suhu tubuh inti turut meningkat seiring dengan suhu lingkungan yang panas.

• Aktivitas berat. Heat stroke juga terjadi akibat aktivitas fisik yang intens pada cuaca panas.

Pemicu lain dari heat stroke adalah:

• Menggunakan pakaian tebal dan tidak menyerap keringat.

• Mengonsumsi alkohol.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X