Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membakar Kalori Tanpa Olahraga Buat Si Super Sibuk

Kompas.com - 18/10/2019, 07:04 WIB
Hana Nushratu,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kebanyakan orang, kurangnya aktivitas fisik atau olahraga mungkin hanya karena masalah waktu. Anda tahu aktivitas fisik itu penting, namun tidak melakukannya. Padahal, waktu olahraga yang disarankan oleh World Health Organization (WHO) adalah 30 menit lima hari dalam seminggu.

Dikutip dari Mayo Clinic: Family Health Book terbitan Intisari, Anda dapat melakukan aktivitas lain jika Anda kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga. Lakukan lebih banyak aktivitas fisik dalam kegiatan sehari-hari lewat pendekatan “aktivitas gaya hidup”.

Berikut adalah beberapa aktivitas fisik yang dapat dilakukan jika Anda super sibuk:

1. Berjalan ketika Jam Makan Siang

Gantikan kebiasaan memesan makanan melalui aplikasi online dengan berjalan dan membelinya sendiri pada jam makan siang. Sambil mencari makanan yang pas untuk makan siang, Anda juga dapat membakar sebanyak 143 kalori jika berjalan cepat.

Baca juga: Punya Waktu Olahraga Hanya Saat Weekend, Efektif atau Tidak?

2. Menggunakan Sepeda ke Kantor

Anda mungkin sudah pernah dengar Bike to Work. Ajakan untuk naik sepeda ke kantor ini tidak hanya digalakkan oleh komunitas, tetapi juga politisi dan polusi. Selain mengurangi polusi, lewat bersepeda ke kantor, Anda dapat membakar 176 kalori jika melakukannya selama 30 menit. 

3. Mencuci Mobil

Tahukah Anda, mencuci mobil juga dapat membakar kalori? Bahkan, kalori yang dibakar mencapai 119 kalori. Oleh karena itu, manfaatkan akhir pekan Anda dengan mencuci mobil untuk kesehatan tubuh dan tampil cemerlang keesokan harinya.

4. Perbanyak Gerak di Kantor

Jika Anda ke kantor menggunakan mobil pribadi, tidak ada alasan untuk tetap tidak aktif. Anda dapat memarkirkan mobil Anda di tempat yang cukup jauh dari gedung dan menggunakan tangga untuk sampai ke ruang kerja. Menaiki tangga dapat membakar sebanyak 17 kalori per langkahnya. Angka ini bisa bertambah jika Anda sambil berlari.

Baca juga: Ke Mana Perginya Lemak yang Terbakar Saat Olahraga?

5. Memasak

Kegiatan yang sibuk membuat Anda cenderung mengonsumsi makanan instan dengan menghangatkannya di microwave atau membeli di luar. Namun, makanan instan dan membeli makanan di luar membuat Anda rentan mengonsumsi glukosa dan sodium pada kadar yang tidak sehat dan membahayakan kesehatan.

Sebagai solusi, luangkan waktu Anda untuk memasak untuk menyajikan makanan. Selain hemat, memasak juga menyehatkan karena membakar 70 kalori jika dilakukan selama 30 menit non-stop.

6. Berkebun

Selain mencuci mobil, kegiatan non-olahraga yang menyehatkan lain di akhir pekan ialah berkebun. Dengan berkebun secara manual selama 30 menit, Anda dapat membakar jumlah kalori yang cukup besar, yakni sebanyak 176 kalori.

Jangan lupa ajak buah hati Anda untuk berkebun bersama, karena selain mempererat ikatan juga melatih saraf motorik dalam tumbuh kembangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com