Sulli Meninggal, Bagaimana Cyberbullying Bikin Korban Jadi Depresi?

Kompas.com - 17/10/2019, 10:13 WIB

KOMPAS.com - Kematian Choi Jin Ri alias Sulli, mantan member firlband f(x) masih ramai dibicarakan warganet.

Manajer Sulli menemukan sang bintang gantung diri di apartemennya yang berada di Seongnam pada Senin (14/10/2019) pukul 15.21 waktu setempat.

Sulli diduga mengalami depresi berat akibat selalu menerima ujaran kebencian dari para pengguna internet.

Aneka ujaran kebencian dan nyinyiran yang sangat sering diterima Sulli sudah termasuk penindasan dunia maya atau cyberbullying.

Baca juga: Sulli f(x) Bunuh Diri, Begini agar Orang Terdekat Tak Lakukan Hal Sama

Di luar sana, ada banyak Sulli yang mungkin masih merasakan kritik pedas, cibiran, ujaran kebencian, dipermalukan dan lain sebagainya.

Linda Setiawati, psikolog Personal Growth mengatakan, cyberbullying dapat memberi dampak negatif untuk psikis, fisik, dan juga perubahan perilaku.

Seseorang yang mengalami cyberbullying tidak langsung merasakan depresi, tapi ada beberapa hal yang dilewatinya terlebih dahulu.

Dikatakan Linda, korban cyberbullying akan merasa ketakutan, merasa marah, merasa sendirian, tidak puas dengan diri, dan kepercayaan diri menurun karena dia selalu membaca hal-hal negatif yang berkaitan dengan dirinya.

Keadaan ini pada akhirnya membuat korban cyberbullying sulit tidur atau mengalami insomnia.

Pada akhirnya, orang-orang yang sering disudutkan melalui internet cenderung mengurung diri dan menghindari lingkungan sosial.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.