Apa Itu Microsleep dan Bahayanya Saat Berkendara

Kompas.com - 14/10/2019, 20:05 WIB
Ilustrasi berkendara saat ngantuk dan lelah huffingtonpost.comIlustrasi berkendara saat ngantuk dan lelah

KOMPAS.comMengantuk adalah salah satu kondisi paling berbahaya, terutama saat berkendara. Jika berada dalam kondisi lelah atau mengantuk, Anda harus waspada dengan kemungkinan terjadinya microsleep.

Apa itu microsleep? Konsultan utama di Snoring & Sleep Disorder Clinic Pondok Indah, Dr Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan bahwa microsleep adalah tertidur tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat.

“Orang tersebut langsung tidak sadar. Otaknya sudah tertidur,” tuturnya kepada Kompas.com, Senin (14/10/2019).

Baca juga: Selalu Mengantuk di Siang Hari? Hati-hati Gejala Hipersomnia

Kejadian microsleep biasaya berlangsung dalam satu detik hingga dua menit, namun bisa lebih lama jika orang tersebut benar-benar tertidur. Hal ini akan sangat berbahaya saat Anda tengah berkendara.

Mengapa microsleep bisa terjadi? Dr Andreas mengatakan bisa jadi karena terlalu lelah, atau sangat mengantuk.

“Dulu penelitian terkait ini dilakukan di kalangan mahasiswa. Responden diminta untuk menekan tombol saat lampu menyala. Orang yang cukup tidur akan memiliki konsentrasi tinggi dalam memencet tombol. Namun lain halnya dengan orang yang mengantuk atau kurang tidur,” paparnya.

Ilustrasi berkendara.Thinkstock Ilustrasi berkendara.

Secara sains, microsleep disebabkan oleh otak yang tidak dapat bertahan di antara rasa lelah dan kondisi terjaga. Namun, tak semua bagian otak tertidur.

“Jika kejadiannya begini: lagi menyetir, terus tiba-tiba bertanya sendiri ‘kok sudah sampai sini ya?’ Nah itu artinya separuh otak sudah tertidur. Kita berkendara by instinct,” tutur Dr Andreas.

Baca juga: Orang Mendengkur Tak Boleh Berkendara, Ini Sebabnya

Menurut Dr Andreas, para pengendara mobil sangat rentan untuk microsleep. Saat tubuh kurang tidur, lanjutnya, kemampuan berkendara sudah turun.

“Kemampuan konsentrasi, kewaspadaan, dan respon sudah turun,” tambahnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X