Sound Shirt, Baju untuk Mendengarkan Musik bagi Tuna Rungu

Kompas.com - 14/10/2019, 12:22 WIB
Sound Shirt CUTECIRCUITSound Shirt

KOMPAS.com – Sebuah perusahaan asal London, CuteCircuit, menciptakan baju untuk para tuna rungu mendengarkan musik. Sound Shirt, begitu nama baju tersebut, dilengkapi dengan 16 titik sensor dan terhubung dengan sistem komputer.

Baju berteknologi canggih tersebut mengambil file suara dari komputer, kemudian mengubahnya menjadi vibrasi yang tersebar di beberapa titik. Vibrasi ini yang menghasilkan sensasi mendengarkan musik sedemikian rupa bagi tuna rungu.

“Sound Shirt memungkinkan para tuna rungu merasakan sensasi musik pada kulit mereka, dan merasakan konser simfoni untuk pertama kalinya,” begitu penjelasan CuteCircuit seperti dikutip dari Reuters, Senin (14/10/2019).

Baca juga: Fujitsu Jepang Bikin Kacamata Pintar untuk Turis dan Tuna Rungu

CEO dari CuteCircuit, Ryan Genz, mengatakan kepada Fortune bahwa titik sensor yang tersebar di 16 area juga dihasilkan dari penelitian dan riset yang lama.

“Hanya dengan melihat reaksi dari para tuna rungu yang mengenakan baju ini, ekspresi mereka menjadi bahagia dan semangat. Baju ini membawa pengalaman menonton konser musik sehingga bisa dinikmati oleh semua orang,” tambah Ryan.

Teknologi dalam Sound ShirtCUTECIRCUIT Teknologi dalam Sound Shirt

Lokasi sensor bergantung pada berat atau ringannya nada. Nada-nada bass misalnya, ditempatkan pada bagian bawah tulang punggung. Sementara nada-nada yang lebih ringan seperti violin ditempatkan pada bagian atas tubuh, seperti leher dan tulang selangka.

“Mereka (tuna rungu) bisa merasakan beberapa area (sensor) lebih aktif dari yang lainnya,” tutur Ryan.

Baca juga: Lingkungan Bising Berdampak Stres hingga Tuli

Ia juga menekankan bahwa baju tersebut didesain untuk digunakan secara rutin, dan memiliki bahan yang sangat nyaman.

“Tidak ada kabel di dalam baju tersebut. Kami menggunakan smart fabrics, kombinasi dari microlectronics. Sangat tpis dan fleksibel,” tutur Francesca Rosella, Co-founder dan COO dari CuteCircuit kepada Reuters.

Oleh karena produksinya masih terbatas dan teknologi yang digunakan masih jarang, Sound Shirt dijual dengan harga sangat mahal yakni 3.673 dollar AS (Rp 51 juta).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber Reuters

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X