Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2019, 12:22 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com – Sebuah perusahaan asal London, CuteCircuit, menciptakan baju untuk para tuna rungu mendengarkan musik. Sound Shirt, begitu nama baju tersebut, dilengkapi dengan 16 titik sensor dan terhubung dengan sistem komputer.

Baju berteknologi canggih tersebut mengambil file suara dari komputer, kemudian mengubahnya menjadi vibrasi yang tersebar di beberapa titik. Vibrasi ini yang menghasilkan sensasi mendengarkan musik sedemikian rupa bagi tuna rungu.

“Sound Shirt memungkinkan para tuna rungu merasakan sensasi musik pada kulit mereka, dan merasakan konser simfoni untuk pertama kalinya,” begitu penjelasan CuteCircuit seperti dikutip dari Reuters, Senin (14/10/2019).

Baca juga: Fujitsu Jepang Bikin Kacamata Pintar untuk Turis dan Tuna Rungu

CEO dari CuteCircuit, Ryan Genz, mengatakan kepada Fortune bahwa titik sensor yang tersebar di 16 area juga dihasilkan dari penelitian dan riset yang lama.

“Hanya dengan melihat reaksi dari para tuna rungu yang mengenakan baju ini, ekspresi mereka menjadi bahagia dan semangat. Baju ini membawa pengalaman menonton konser musik sehingga bisa dinikmati oleh semua orang,” tambah Ryan.

Teknologi dalam Sound ShirtCUTECIRCUIT Teknologi dalam Sound Shirt

Lokasi sensor bergantung pada berat atau ringannya nada. Nada-nada bass misalnya, ditempatkan pada bagian bawah tulang punggung. Sementara nada-nada yang lebih ringan seperti violin ditempatkan pada bagian atas tubuh, seperti leher dan tulang selangka.

“Mereka (tuna rungu) bisa merasakan beberapa area (sensor) lebih aktif dari yang lainnya,” tutur Ryan.

Baca juga: Lingkungan Bising Berdampak Stres hingga Tuli

Ia juga menekankan bahwa baju tersebut didesain untuk digunakan secara rutin, dan memiliki bahan yang sangat nyaman.

“Tidak ada kabel di dalam baju tersebut. Kami menggunakan smart fabrics, kombinasi dari microlectronics. Sangat tpis dan fleksibel,” tutur Francesca Rosella, Co-founder dan COO dari CuteCircuit kepada Reuters.

Oleh karena produksinya masih terbatas dan teknologi yang digunakan masih jarang, Sound Shirt dijual dengan harga sangat mahal yakni 3.673 dollar AS (Rp 51 juta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com