Kota atau Desa, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Mental?

Kompas.com - 10/10/2019, 17:03 WIB
Ilustrasi sinar matahari last19Ilustrasi sinar matahari

KOMPAS.com - Hampir semua orang mengalami stres dalam hidupnya, meskipun dalam kadar yang berbeda-beda. Stres sendiri dapat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari ketidakbahagiaan dalam pekerjaan, beban kerja yang berat, sampai lingkungan yang tidak sehat.

Apalagi bila Anda hidup di perkotaan, ada kemungkinan risiko stres Anda akan menjadi lebih besar.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Acta Psychiatrica Scandinavica pada 2010, kehidupan perkotaan memiliki dampak signifikan pada kesehatan mental.

Studi yang dilaksanakan di Belanda tersebut menemukan bahwa mereka yang tinggal di kota 21 persen lebih mungkin untuk mengalami gangguan kecemasan dan 39 persen lebih mungkin untuk mengalami gangguan suasana hati (mood).

Baca juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Menkes: Jangan Didik Anak Jadi Brutal

Namun, apakah ini artinya hidup di desa lebih baik untuk kesehatan mental dan mengurangi stres?

Menurut dr. Heriani, SpKJ(K), yang ditemui Kompas.com dalam acara “Prevent Suicide by Loving Yourself” yang diselenggarakan oleh Departemen Medik Ilmu Kesehatan Jiwa FKUI di Jakarta, Rabu (9/10/2019), tidak menutup kemungkinan bahwa stres bisa dialami oleh siapa saja, baik Anda yang tinggal di kota besar maupun di pedesaan.

“Sama aja. Kalau kita di kota keluar rumah aja macet. Di Jakarta juga semuanya serba cepat. Tapi, kalau di desa pun bisa saja penyebabnya (stres terjadi) karena kurangnya kesempatan kerja. Atau karena kekeringan, maupun gagalnya panen,” ujarnya.

Daripada berpindah lokasi tempat tinggal, yang harus Anda lakukan adalah mengelola dan meminimalisir tekanan stres.

Pasalnya, stres sangat mungkin memengaruhi kesehatan, meskipun Anda tidak menyadarinya. Sakit kepala, susah tidur maupun menurunnya produktivitas merupakan beberapa hal yang bisa disebabkan oleh stres.

Baca juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Bagaimana Cara Menyayangi Diri?

Aktivitas untuk Mencegah Stres

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X