Hari Kesehatan Mental Sedunia, Bagaimana Cara Menyayangi Diri?

Kompas.com - 10/10/2019, 12:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com -  Bunuh diri merupakan fenomena yang kompleks. Kebanyakan orang mengaitkan bunuh diri dengan desakan hidup dan keputusasaan. Hal ini merupakan sinyal betapa sulitnya kehidupan manusia dan besarnya penderitaan yang perlu dihadapi.

Menurut ilmu kejiwaan, bunuh diri dapat terjadi karena interaksi dengan berbagai faktor termasuk neurobiologi, riwayat pribadi dan keluarga, tekanan kehidupan, lingkungan sosial-dan budaya, dan sebagainya.

World Health Organization (WHO) juga melaporkan pada 2010, angka bunuh diri di Indonesia mencapai 1,6 hingga 1,8 per 100.000 jiwa.

Oleh karena itu, menyayangi diri sendiri perlu dilakukan guna mencegah bunuh diri. Ketika Anda belajar menyayangi diri sendiri, Anda dapat menerima diri sendiri apa adanya dan akan menjadi lebih bahagia.

Baca juga: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Pencegahan Bunuh Diri Dimulai dari Diri

Menyayangi diri sendiri juga dapat membuat potensi dalam hidup Anda terlihat dan mendorong Anda untuk mencapai tujuan dan mimpi. 

Lantas, bagaimana cara kita menyayangi diri sendiri?

Berikut adalah penjelasan dr. AAAA Kusumawardhani, SpKJ(K) yang akrab disapa dr Agung dalam acara “Prevent Suicide by Loving Yourself” yang diselenggarakan oleh Departemen Medik Ilmu Kesehatan Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Jakarta, Rabu (9/10/2019):

1. Stop kritik diri sendiri

Menerima diri sendiri merupakan salah satu bentuk pencegahan terjadinya kritik pada diri Anda, seperti kurangnya kapabilitas dalam hal tertentu.

Menurut dr Agung, setiap manusia dilahirkan untuk menjadi pemenang. “Kita itu born to win (lahir untuk menang). Terima apa adanya diri kita. Kalo ada kesalahan, it’s okay (itu tidak apa-apa),” dr. Agung melanjutkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X