Bandung Turun Hujan, BMKG: Hujan Lokal akan Turun Bertahap di Pulau Jawa

Kompas.com - 08/10/2019, 15:56 WIB
ilustrasi hujan shutterstockilustrasi hujan

KOMPAS.com – Bandung diguyur hujan hari ini, Selasa (8/10/2019). Meski begitu, hal ini bukan berarti awal musim hujan telah tiba.

Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra S.Si, M.Sc mengatakan bahwa mulai hari ini sampai tiga hari mendatang, hujan lokal akan turun di beberapa wilayah di Pulau Jawa.

“Dalam kurun waktu hari ini sampai sekitar tiga hari mendatang, hujan lokal akan turun di beberapa daerah sebelum akhirnya benar-benar datang musim hujan,” tutur Agie kepada Kompas.com, Selasa (8/10/2019).

Hujan yang telah dan akan turun, menurut Agie, bersifat temporer karena terdapat pelemahan pada daerah intrusi.

“Intrusi yakni batas daerah udara kering dengan udara basah sekarang sudah turun ke bagian selatan Jawa. Pada atmosfer lapisan 700 milibar nilai kelembabannya sekitar 60-80 persen. Musim kemarau seperti kemarin, nilai kelembabannya 30-40 persen,” tambahnya.

Baca juga: Ini Prediksi Awal Musim Hujan di Beberapa Wilayah Pulau Jawa

Namun, turunnya hujan di beberapa wilayah Jawa juga bergantung pada faktor lokal. Agie menyebutkan faktor lokal ini mencakup penguapan, juga banyaknya radiasi matahari yang memanasi suatu wilayah.

“Daerah yang topografinya lembah dan pegunungan punya sistem orogafis (terjadi karena hembusan angin yang mengandung uap air) sehingga lebih memungkinkan untuk turun hujan. Bandung misalnya,” tutur Agie.

Daerah dengan topografi pegunungan kemungkinan besar akan turun hujan lokal. Selain Bandung, Agie menyebutkan beberapa wilayah lain dengan karakteristik serupa.

“Misal di Jabodetabek yaitu kawasan Cibinong, Bogor, Bojonggede, akan berpotensi (hujan lokal) karena jaraknya lebih dekat dengan lembah atau lereng gunung,” tuturnya.

Baca juga: BMKG: Beberapa Wilayah Indonesia Diprediksi Hujan, Berikut Daftarnya

Selain itu, Agie menyebutkan hujan lokal akan turun hari ini di kawasan Bogor.

“Sekitar setengah jam lagi kami lihat akan turun hujan di Citeureup, Bogor Barat, dan Cijeruk,” tambahnya.

Meski hujan lokal sedang dan akan turun di beberapa daerah, Agie menekankan bahwa ini bukanlah awal musim hujan.

“Awal musim hujan akan datang sekitar minggu pertama atau kedua di bulan November. Itu pun bertahap,” tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X