Ini Prediksi Awal Musim Hujan di Beberapa Wilayah Pulau Jawa

Kompas.com - 02/10/2019, 17:06 WIB
Ilustrasi hujan kulkannIlustrasi hujan

KOMPAS.com - Dilema penantian musim hujan menjadi pertanyaan yang dikeluhkan banyak masyarakat Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Namun Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo menyampaikan belum ada tanda-tanda wilayah pulau Jawa memasuki musim hujan.

"Kalau melihat perkembangan saat ini, belum banyak tanda-tanda masuk musim hujan. Kalaupun terjadi potensi hujan masih bersifat lokal dan pada periode yang pendek," kata Mulyono kepada Kompas.com, Rabu (2/10/2019).

Baca juga: BMKG: Jabodetabek Masih Musim Kemarau, Hujan Hanya Sementara

Mulyono memberikan informasi mengenai prediksi awal musim hujan di daerah-daerah di Pulau Jawa. Berikut Kompas.com rangkum prediksi BMKG tentang awal musim hujan di pulau Jawa tersebut berdasarkan dasarian atau per 10 hari sepanjang Oktober 2019.

Oktober Dasarian I (10 hari pertama)

Wilayah yang diprediksikan oleh BMKG memasuki awal musim hujan yaitu: Lebak bagian selatan, Purbalingga bagian barat laut, dan Banyumas bagian utara.

Oktober Dasarian II (10 hari kedua)

Wilayah yang diprediksikan oleh BMKG memasuki awal musim hujan pada 10 hari pertengahan bulan Oktober 2019 ini yaitu sebagai berikut:

Malang bagian tenggara; Lumajang bagian utara; Lebak bagian tengah; Brebes bagian selatan dan tenggara; Banyumas bagian tengah dan selatan; Tegal bagian selatan.

Purbalingga bagian barat, utara, timur, selatan; Pemalang bagian barat daya dan tenggara; Pekalongan bagian selatan; Temanggung bagian barat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X