Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Prediksi Awal Musim Hujan di Beberapa Wilayah Pulau Jawa

KOMPAS.com - Dilema penantian musim hujan menjadi pertanyaan yang dikeluhkan banyak masyarakat Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Namun Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo menyampaikan belum ada tanda-tanda wilayah pulau Jawa memasuki musim hujan.

"Kalau melihat perkembangan saat ini, belum banyak tanda-tanda masuk musim hujan. Kalaupun terjadi potensi hujan masih bersifat lokal dan pada periode yang pendek," kata Mulyono kepada Kompas.com, Rabu (2/10/2019).

Mulyono memberikan informasi mengenai prediksi awal musim hujan di daerah-daerah di Pulau Jawa. Berikut Kompas.com rangkum prediksi BMKG tentang awal musim hujan di pulau Jawa tersebut berdasarkan dasarian atau per 10 hari sepanjang Oktober 2019.

Oktober Dasarian I (10 hari pertama)

Wilayah yang diprediksikan oleh BMKG memasuki awal musim hujan yaitu: Lebak bagian selatan, Purbalingga bagian barat laut, dan Banyumas bagian utara.

Oktober Dasarian II (10 hari kedua)

Wilayah yang diprediksikan oleh BMKG memasuki awal musim hujan pada 10 hari pertengahan bulan Oktober 2019 ini yaitu sebagai berikut:

Malang bagian tenggara; Lumajang bagian utara; Lebak bagian tengah; Brebes bagian selatan dan tenggara; Banyumas bagian tengah dan selatan; Tegal bagian selatan.

Purbalingga bagian barat, utara, timur, selatan; Pemalang bagian barat daya dan tenggara; Pekalongan bagian selatan; Temanggung bagian barat.

Wonosobo bagian utara dan timur; juga Banjarnegara bagian barat laut, barat daya, timur laut.

Oktober Dasarian III (10 hari ketiga)

Wilayah yang diprediksikan oleh BMKG memasuki musim hujan pada 10 hari terakhir di bulan Oktober 2019 ini yaitu sebagai berikut.

Daerah sekitar Gunung Bromo dan Semeru; Banyuwangi bagian tengah; Kulonprogo bagian utara; Sleman bagian barat; Banjarnegara bagian timur; Wonosobo bagian (selatan dan barat).

Purworejo bagian (timur dan utara); Kebumen bagian (utara dan barat); Banyumas bagian (tenggara, barat daya); Ciamis bagian selatan; Cilacap bagian (selatan, tengah, barat daya).

Pandeglang; Serang bagian barat daya; Lebak bagian barat; Bogor selatan bagian timur; Sukabumi bagian barat.

Cianjur utara bagian barat; Garut selatan bagian timur; Tasikmalaya bagian selatan; Ciamis bagian selatan; dan Sukabumi bagian utara dan timur.

https://sains.kompas.com/read/2019/10/02/170600023/ini-prediksi-awal-musim-hujan-di-beberapa-wilayah-pulau-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke