Pendaratan di Bulan sampai Video Call, 7 Prediksi Sci-fi yang Jadi Nyata

Kompas.com - 01/10/2019, 18:05 WIB
Juli 1969, astronot Amerika Serikat, Edwin Buzz Aldrin, terekam di permukaan Bulan dekat bendera AS dalam misi Apollo 11. Aldrin merupakan orang kedua yang berjalan di Bulan setelah Neil Armstrong. Hulton Archive/Arsip KOMPASJuli 1969, astronot Amerika Serikat, Edwin Buzz Aldrin, terekam di permukaan Bulan dekat bendera AS dalam misi Apollo 11. Aldrin merupakan orang kedua yang berjalan di Bulan setelah Neil Armstrong.

 

KOMPAS.com - Science Fiction atau fiksi ilmiah memperkenalkan kita pada dunia yang rumit dan futuristik, yang sering terdengar seperti mimpi.

Tetapi manusia telah membuat kemajuan teknologi yang luar biasa selama 100 tahun terakhir, dan banyak gagasan yang diprediksi dalam fiksi ilmiah telah menjadi kenyataan.

Beberapa prediksi seperti mobil self-driving masih dalam tahap awal. Tetapi para ilmuwan dan insinyur telah mencapai banyak kejadian penting yang pertama kali dijelaskan dalam fiksi ilmiah, seperti membawa manusia ke bulan.

Berikut 7 prediksi dalam fiksi ilmiah yang menjadi kenyataan.

1. Pendaratan di bulan

Pada tahun 1865, penulis Jules Verne merilis "From Earth to the Moon" menggambarkan misi tiga orang Amerika untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa dan mendarat di bulan. Bagian dari novel itu mirip dengan pendaratan di bulan pertama yang terjadi 104 tahun kemudian.

Astronot NASA Neil Armstrong dan Edwin "Buzz" Aldrin berhasil berjalan di permukaan bulan pada 1969 sementara Michael Collins tetap di pesawat ruang angkasa. Tiga lelaki dalam novel Verne, bagaimanapun, tidak pernah menginjakkan kaki di bulan.

NASA telah mengakui kesamaan lain antara Apollo 11 dan novel Verne juga. Misalnya, badan antariksa mengatakan bentuk dan ukuran Columbiad sangat mirip dengan pesawat ruang angkasa Apollo.

Novel itu juga mengklaim bahwa teleskop dapat melihat kemajuan misi Columbiad. Ketika sebuah ledakan menyebabkan kegagalan selama misi Apollo 13 pada tahun 1970, sebuah teleskop di Johnson Space Center dapat melihat kecelakaan itu, yang terjadi lebih dari 200.000 mil jauhnya (300.000 kilometer).

2. Telepon Genggam Pertama

Perangkat Communicator ikonik di "Star Trek" pertama kali ditampilkan pada tahun 1966, tampak sangat mirip telepon flip. Meskipun para insinyur sedang berupaya mengembangkan teknologi ini pada 1960-an, debut ponsel pertama ini baru bisa diluncurkan pada 1973 oleh Motorola.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X