Spesies Sejenis Teripang Purba Ditemukan, Namanya Terinspirasi Fiksi Ilmiah

Kompas.com - 12/04/2019, 21:09 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah menemukan spesies teripang baru yang sebelumnya diprediksi sudah punah. Informasi spesies tersebut pernah ada diketahui berkat adanya fosil yang terawetkan secara luar biasa, yang ditemukan di sepanjang pantai Inggris.

Dilansir dari upi.com, peneliti menamai teripang raksasa itu dengan nama Sollasina cthulhu. Nama ini terinspirasi dari salah satu monster berwujud mengerikan dalam fiksi ilmiah yang ditulis oleh Howard Phillips Lovecraft.

Dalam buku tersebut, Cthulhu digambarkan sebagai seekor monster dengan garis besar antropoid yang samar-samar, tetapi bagian kepalanya seperti gurita, wajahnya bersisik, memiliki tanduk, dan bersayap lebar dan panjang.

Namun, dengan ukuran sekitar 2,5 sentimeter, Sollasina cthulhu tidak terlalu menakutkan. Sementara itu, dengan adanya kaki tabung yang cukup banyak, membuat makhluk itu terlihat lebih besar dibanding teripang dan hewan kecil lainnya di dasar laut.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seperti apa bentuk spesies purba tersebut, para ilmuwan mencari fosil dari lapisan demi lapisan dan juga mengambil foto dari setiap lapisan.