Anda Wanita dan Perokok? Waspadai Aneurisma pada Otak

Kompas.com - 24/09/2019, 20:04 WIB
Ilustrasi aneurisma pada otak SHUTTERSTOCKIlustrasi aneurisma pada otak

KOMPAS.com – Jika Anda seorang wanita dan merupakan perokok aktif, memiliki riwayat hipertensi (darah tinggi), dan berusia di atas 40 tahun, saatnya waspada. Anda dihantui sebuah penyakit bernama aneurisma.

Aneurisma adalah pelebaran dinding pembuluh darah akibat lemahnya struktur dinding tersebut. Aneurisma umumnya terjadi pada pembuluh darah (arteri otak, arteri jantung, aorta, arteri poplitea, dan sebagainya). Ukurannya sangat kecil, masih dalam hitungan milimeter.

“Aunerisma ini silent killer. Terkadang tidak memiliki gejala. Aneurisma juga terjadi karena adanya kelainan bawaan dan faktor genetik,” tutur Dokter Spesialis Saraf RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, Sp.S dalam acara di Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Wanita lebih berpotensi terkena aneurisma karena pada usia 40 tahun, hormon esterogen yang beredar dalam tubuh berkurang. Meski begitu, bukan berarti tak mungkin aneurisma juga menyerang pria.

“Hormon ini salah satu fungsinya adalah melindungi pembuluh darah,” tutur dr Rubiana.

Baca juga: Mengenal Aneurisma, Salah Satu Penyebab Kematian Mendadak

Seperti apa rupa aneurisma? dr Rubiana menjelaskan, aneurisma berbentuk seperti balon yang pada dinding pembuluh darah.

“Pembuluh darah, saat dilewati darah bertekanan tinggi, dindingnya seperti melebar kemudian membentuk seperti balon berukuran tipis. Itulah aneurisma. Yang paling bahaya adalah ketika aneurisma tersebut pecah. Darah akan mengalir ke luar, mengisi rongga badan,” jelasnya.

Gejala Aneurisma

dr Rubiana mengatakan terdapat beberapa gejala jika aneurisma belum pecah.

“Pertama, sakit kepala berulang. Sakitnya seperti nyut-nyut-an dan di bagian yang sama. Ini karena aneurisma memang terdapat pada pembuluh darah,” tuturnya.

Gejala kedua, jika aneurisma belum pecah, adalah rasa baal dan kesemutan pada satu sisi tubuh yang hilang timbul.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X