Sempat Dialami Bondan Winarno, Apa Sebenarnya Aneurisma?

Kompas.com - 30/11/2017, 11:30 WIB
Aneurisma WikipediaAneurisma
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Selain aritmia, Bondan Winarno mengungkap bahwa selama 12 tahun terakhir sempat mengalami aneurisma aorta. Nah, apa sebenarnya aneurisma aorta itu? Apakah kita semua berpotensi mengalaminya? Apa faktpr risikonya?

Apa itu aneurisma aorta?

Aneurisma aorta adalah penonjolan aorta, pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung ke organ dan jaringan di bagian bawah tubuh. Aorta adalah arteri terbesar dalam tubuh. Peregangan atau menggembungnya aorta berbahaya karena dapat merusak daerah pada dinding aorta sehingga aorta pecah dan menyebabkan perdarahan jika tidak segera diobati.

Seberapa umumkah aneurisma aorta?

Aneurisma aorta adalah penyakit yang umum terjadi. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), aneurisma aorta abdomen lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki, terutama pada orang-orang yang berusia lebih dari 60 tahun. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Apa saja tanda-tanda dan gejala aneurisma aorta?

Aneurisma aorta umumnnya lambat berkembang dan biasanya tanpa gejala. Namun, dalam beberapa kasus, ketika terkena Anda biasanya akan merasakan rasa sakit seperti dirobek di perut atau punggung.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Baca Juga : Rahasia Besar Perjalanan Kesehatan Bondan Winarno 12 Tahun Terakhir

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X