Kompas.com - 23/09/2019, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Vaksin flu musiman adalah vaksin tahunan yang diberikan untuk melindungi Anda dari flu atau influenza. Menurut Centers for Disease and Prevention, di Amerika Serikat vaksin flu direkomendasikan untuk semua orang yang berusia 6 bulan atau lebih.

Flu bisa menjadi penyakit yang sangat serius, terutama pada anak kecil dan orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas serta wanita hamil. Vaksin flu adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari flu.

Karena virus flu terus berubah, vaksin flu perlu baru dibuat setiap tahun. Para ilmuwan membuat vaksin sebelum musim flu dimulai dengan memprediksi jenis flu yang mana yang paling umum terjadi selama musim flu mendatang.

“Karena virus flu sering menyebar dalam komposisi genetik, Anda harus merumuskan ulang vaksinnya. Dan ini merupakan salah satu alasan mengapa masyarakat harus [mendapatkan vaksinasi] secara tahunan,” kata Dr. William Schaffner, seorang ahli dalam obat pencegahan dan penyakit menular dari Vandervilt University University School of Medicine.

Ilustrasi flu Ilustrasi flu

Jenis-jenis vaksin

Vaksin flu melindungi Anda dari tiga atau empat jenis flu. Vaksin flu trivalen melindungi terhadap dua jenis influenza A - H1N1 dan H3N2 dan satu jenis influenza B. Vaksin flu kuadrivalen ditawarkan pertama kali pada musim flu tahun 2013-2014 untuk mencengah virus yang sama dari vaksin trivalen serta influenza B.

Selain vaksin flu dosis standar yang diberikan melalui suntikan, vaksin flu juga tersedia dalam beberapa bentuk berbeda. Terdapat versi cell-based yang tumbuh dalam sel hewan dibandingkan pada telur ayam dan disetujui untuk anak berusia 4 tahun atau lebih.

Ada juga vaksin recombinant yang tidak menggunakan virus influenza secara menyeluruh ataupun telur ayam dalam produksinya. Vaksin ini disetujui untuk Anda yang berusia 18 tahun ke atas. Selain itu, ada nasal spray atau semprotan hidung yang disetujui untuk Anda berusia 2 hingga 49 tahun. Tidak dianjurkan untuk wanita hamil.

Baca juga: Jangan Disamakan Lagi, Ini Beda Pilek dan Flu

Terakhir, vaksin flu bebas jarum yang diberikan lewat jet injector yang menggunakan aliran cairan bertekanan tinggi untuk menyuntikkan vaksin. Vaksin ini disetujui untuk Anda yang berusia 18 hingga 64 tahun.

Vaksin flu untuk tahun 2019-2020

Komposisi suntikan flu musim tahun 2019-2020 akan sedikit berbeda dari vaksin flu musim lalu. Secara khusus, akan ada tekanan berbeda dari virus H1N1 dan H2N3 dalam vaksin kali ini.

Menurut CDC, vaksin flu trivalen pada musim 2019-2020 akan mengandung tiga jenis virus berikut:
- A/Brisbane/02/2018 (H1N1)pdm09 merupakan komponen H1N1 yang berbeda dari suntikan flu tahun lalu.
- A/Kansas/14/2017 (H3N2) merupakan komponen H3N2 yang berbeda dari suntikan flu tahun lalu.
- B/Colorado/06/2017 (Victoria lineage) merupakan komponen influenza B yang sama seperti vaksin tahun lalu.
- Vaksin kuadrivalen 2019-2020 juga akan mengandung jenis influenza B yang disebut B/Phuket/3073/2013 (Yamagata lineage) yang juga termasuk dalam vaksin kuadrivalen musim lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.