Kompas.com - 18/09/2019, 09:06 WIB
Bintang neutron (B. Saxton/NRAO/AUI/NSF)Bintang neutron

KOMPAS.comBintang neutron termasif telah ditemukan oleh ahli astronomi. Bintang ini berjarak 4.600 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang neutron merupakan sebuah obyek yang terbentuk dari gabungan bintang-bintang berukuran besar, diikuti oleh ledakan supernova. Bintang neutron juga dikenal sebagai “pulsar” karena radiasi yang ditimbulkannya pada kecepatan tinggi. Ini adalah obyek terpadat kedua di Tata Surya selain lubang hitam.

Mengutip situs The Independent, Selasa (17/9/2019), bintang neutron ini memiliki berat sekitar 100 juta ton.

Baca juga: Astronom Pelajari Bintang Langka untuk Ketahui Akhir Kisah Matahari

Jurnal dari Nature Astronomy menyebutkan bintang neutron terbesar ini dinamakan J0740+6620. Ukurannya 2,17 kali lipat matahari, dan memiliki massa 333.000 kali Bumi. Ukuran ini, menurut pakar astronomi, objek tersebut telah mendekati batas kepadatan suatu obyek sebelum menghancurkan dirinya sendiri.

“Bintang neutron sangat misterius. Ia sangat masif, sebuah massa maksimum dari fisika dan alam semesta,” tutur Thankful Cromartie, ketua peneliti dari Virginia University.

Bintang neutron ini ditemukan oleh Green Bank Telescope (GBT) di West Virginia.

“Bintang-bintang ini sangat eksotis,” tutur professor astrofisika dari West Virginia University, Maura McLaughlin.