Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2019, 17:05 WIB

KOMPAS.com – Banyak orang yang berusaha back in shape seiring bertambahnya usia. Ini karena seiring kita bertambah tua, semakin besar pula kemungkinan tubuh kita bertambah gemuk.

Penelitian dari Karolinska Institutet di Swedia baru-baru ini mengetahui penyebabnya. Bertambahnya berat badan dan kegemukan terjadi karena lipid (lemak) dalam jaringan sel berkurang seiring bertambahnya usia.

Hal itu membuat mudah gemuk, bahkan saat kita menjaga makanan dan berolahraga seperti biasa. Mengutip Science Daily, Selasa (17/9/2019), penelitian ini dimuat dalam jurnal Nature Medici

Para ilmuwan di Karolinska Insitutet berkolaborasi dengan Uppsala University dan University of Lyon melakukan penelitian terhadap 54 pria dan wanita dalam jangka waktu 13 tahun. Selama periode tersebut, terlepas dari berat badan responden yang naik atau turun, terjadi penurunan pada lemak dalam jaringan sel masing-masing orang.

Mereka yang meminimalisir makanan berkalori mengalami kenaikan berat badan rata-rata 20 persen.

Baca juga: Sains Diet, Bagaimana Makan Lemak Saat Diet Keto Turunkan Berat Badan?

Para peneliti juga memeriksa kondisi lipid pada 41 wanita yang menjalani operasi bariatrik (operasi khusus untuk mengatasi kegemukan) dan bagaimana tingkat pergantian lipid mempengaruhi kemampuan mereka untuk menjaga berat badan empat hingga tujuh tahun pasca-operasi.

Hasilnya, hampir semua orang yang melakukan operasi bariatrik bisa menjaga bahkan menurunkan berat badan setelahnya. Cara ini (operasi bariatrik) bisa menjadi lebih maksimal bila dilakukan bersamaan dengan olahraga rutin.

“Obesitas dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas menjadi masalah global. Memahami dinamika lipid dan mengaplikasikannya pada manusia akan menjadi sangat relevan,” tutur Kirsty Spalding, ilmuwan senior di Department of Cell and Molecular Biology di Karolinska Institutet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+