Seri Baru Jadi Ortu: Kapan Si Kecil Bisa Pegang Botol Sendiri?

Kompas.com - 17/09/2019, 12:32 WIB
Bayi bellapresentationsBayi

KOMPAS.com - Sejak bayi lahir hingga beberapa bulan setelah itu, si kecil sangat membutuhkan bantuan orang dewasa untuk minum susu.

Awalnya ibu akan mengarahkan puting ke mulut bayi, sampai akhirnya mereka bisa mengarahkan puting ke mulut sendiri.

Namun, seiring berjalannya waktu, bayi akan belajar untuk menjadi lebih mandiri. Si kecil mulai aktif bergerak dan mulai bisa memegang botol susu sendiri.

Kemampuan itu bisa didapatkan sang bayi karena kemampuan motorik bayi semakin meningkat. Memegang botol susu adalah bagian dari perkembangan motorik halus anak.

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Pahami Cara Mengetahui Minat dan Bakat Si Kecil

Kemampuan motorik halus adalah kemampuan otot-otot jari, tangan, dan lengan tangan untuk mengendalikan sesuatu.

Menurut National Childcare Accreditation Council, bayi biasanya mulai mengembangkan kemampuan motorik halus sekitar usia 5 bulan.

Lantas, kapan tepatnya bayi bisa memegang botol susu sendiri?

"Sebagian besar bayi akan mulai memegang botol mereka sendiri pada usia 6 hingga 10 bulan, ketika keterampilan motorik halus mereka berkembang," kata Sandeepa Rajadhyaksha, MD, Ketua Asosiasi Children’s Health Pediatric Group di Dallas seperti dikutip dari laman The Bump.

Selain usia, ada berbagai tanda lain yang akan bayi Anda tunjukkan apabila ia memang sudah siap memegang botol susu sendiri.

Beberapa tanda yang mungkin ditunjukkan buah hati Anda, antara lain:

  • Bayi dapat duduk selama 10 menit tanpa bantuan. Sebelum memegang botol susunya, bayi harus sudah mampu menyeimbangkan dirinya. Ketika telah berhasil menyeimbangkan diri, bayi dapat memegang botol susunya dengan stabil (tidak oleng).
  • Bayi dapat meraih botol ketika Anda memberinya susu. Ini menunjukkan minat si bayi bahwa botol susu adalah medianya untuk mendapatkan makanan.

Tips melatih bayi untuk pegang botol susu sendiri

Memegang botol susu tidak bisa dilakukan bayi secara spontan. Ia harus beradaptasi dan belajar secara perlahan.

Nah, supaya bayi semakin lincah pegang botol susu, Anda perlu melatihnya.

Untuk meningkatkan kemampuan motorik halus bayi ini, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, seperti:

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Apa Jamu Pelancar ASI Manjur dan Aman Diminum?

  • Berikan mainan yang bersih dan aman saat ia dalam posisi duduk. Mainan ini kemungkinan akan dimasukkan ke dalam mulut anak. Tujuannya, untuk memperkuat otot leher dan wajah sehingga bisa minum sekaligus memegang botol susu.
  • Arahkan tangannya untuk memegang botol supaya ia terbiasa. Jika keterampilan jari anak dalam menggenggam botol sudah baik, mulai arahkan ujung dot ke mulut bayi.
  • Pastikan suasananya tenang ketika bayi minum susu. Suasana berisik akan mengganggu bayi dan tentunya bisa mempersulit Anda dalam sesi latihan ini.
  • Jika ingin melatih bayi untuk pegang botol susu, pastikan posisi tubuhnya benar terlebih dahulu. Untuk mendapatkan posisi yang benar, Anda bisa membaringkannya telentang dengan kepala sedikit terangkat di pelukan Anda. Anda juga dapat melatihnya sambil memangku atau mendudukkannya.
  • Jangan biarkan bayi tidur sambil minum susu dari botol. Ini bisa membuatnya tersedak atau muntah karena kekenyangan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X