5 Tanaman Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Kompas.com - 16/09/2019, 18:32 WIB
Dieffenbachia atau Dumb Cane jika diperbesar 600 kali. Dieffenbachia atau Dumb Cane jika diperbesar 600 kali.

KOMPAS.com - Anda sebaiknya berhati-hati ketika menyentuh atau memakan sesuatu. Pasalnya, beberapa tanaman dapat membunuh Anda bak ular berbisa.

Anda mungkin menganggap hal seperti ini merupakan sesuatu yang konyol, atau mungkin beranggapan tumbuhan "mematikan" hanya ada di film atau novel fiksi saja, nyatanya tidak demikian.

Dilansir Gizmodo, berikut 5 tumbuhan paling mematikan di dunia disertai dengan penjelasan mengenai bahan kimia, racun, dan cara kerjanya untuk “membunuh” manusia apabila disentuh atau dikonsumsi.

Baca juga: Meski Langka, Ini 5 Kasus Kembar Siam yang Pernah Terjadi Indonesia

5 tanaman paling mematikan di dunia

1. Dumb cane (Dieffenbachia)

Tanaman yang masuk dalam anggota genus dieffenbachia ini, terdiri dari sel-sel yang mengandung kristal kalsium oksalat (zat alami pada tumbuhan). Hal itu bisa dilihat jika diperbesar 600 kali.

Ketika daun dumb cane dikunyah, partikel kecil dalam kalsium oksalat dapat menyebabkan iritasi dalam mulut, mengeluarkan air liur secara berlebihan, serta pembengkakan.

Namun pada kasus yang langka, iritasi yang diakibatkan oleh dumb cane, akan sangat parah pada lidah, mulut, dan tenggorokan. Iritasi parah ini dapat menutup jalur pernapasan dan menyebabkan kematian.

2. Jequirity atau Saga Rambat (Abros precatorius)

Tanaman Abrus Precatorius atau biasa disebut dengan Saga Rambat Tanaman Abrus Precatorius atau biasa disebut dengan Saga Rambat

Tumbuhan saga rambat adalah tumbuhan asli Indonesia.

Tumbuhan ini seringkali digunakan untuk mengatasi sariawan atau digunakan sebagai pembuatan alat musik tradisional. Tumbuhan ini memiliki warna biji yang beragam yakni merah, hitam, dan putih.

Jika Anda menemukan tanaman ini, sebaiknya hati-hati. Pasalnya, tanaman ini mengandung zat abrin yang beracun bagi tubuh.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber Gizmodo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X