Kompas.com - 16/09/2019, 18:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Anda sebaiknya berhati-hati ketika menyentuh atau memakan sesuatu. Pasalnya, beberapa tanaman dapat membunuh Anda bak ular berbisa.

Anda mungkin menganggap hal seperti ini merupakan sesuatu yang konyol, atau mungkin beranggapan tumbuhan "mematikan" hanya ada di film atau novel fiksi saja, nyatanya tidak demikian.

Dilansir Gizmodo, berikut 5 tumbuhan paling mematikan di dunia disertai dengan penjelasan mengenai bahan kimia, racun, dan cara kerjanya untuk “membunuh” manusia apabila disentuh atau dikonsumsi.

Baca juga: Meski Langka, Ini 5 Kasus Kembar Siam yang Pernah Terjadi Indonesia

5 tanaman paling mematikan di dunia

1. Dumb cane (Dieffenbachia)

Tanaman yang masuk dalam anggota genus dieffenbachia ini, terdiri dari sel-sel yang mengandung kristal kalsium oksalat (zat alami pada tumbuhan). Hal itu bisa dilihat jika diperbesar 600 kali.

Ketika daun dumb cane dikunyah, partikel kecil dalam kalsium oksalat dapat menyebabkan iritasi dalam mulut, mengeluarkan air liur secara berlebihan, serta pembengkakan.

Namun pada kasus yang langka, iritasi yang diakibatkan oleh dumb cane, akan sangat parah pada lidah, mulut, dan tenggorokan. Iritasi parah ini dapat menutup jalur pernapasan dan menyebabkan kematian.

2. Jequirity atau Saga Rambat (Abros precatorius)

Tanaman Abrus Precatorius atau biasa disebut dengan Saga Rambat Tanaman Abrus Precatorius atau biasa disebut dengan Saga Rambat

Tumbuhan saga rambat adalah tumbuhan asli Indonesia.

Tumbuhan ini seringkali digunakan untuk mengatasi sariawan atau digunakan sebagai pembuatan alat musik tradisional. Tumbuhan ini memiliki warna biji yang beragam yakni merah, hitam, dan putih.

Jika Anda menemukan tanaman ini, sebaiknya hati-hati. Pasalnya, tanaman ini mengandung zat abrin yang beracun bagi tubuh.

Zat abrin akan "mengambil alih" tubuh Anda dengan cara menonaktifkan ribosom, bagian tubuh yang bertanggungjawab dalam mensintesis protein yang telah dikonsumsi.

Jika Anda tak sengaja menelan satu biji saga rambat, zat abrin di dalamnya akan sangat mungkin membunuhAnda.

3. Manchineel (Hippomane Mancinella)

Selain daun dan getahnya, tumbuhan Mancineel memiliki buah yang beracun Selain daun dan getahnya, tumbuhan Mancineel memiliki buah yang beracun

Pohon manchineel (Hippomane mancinella) tidak suka disenggol.

Sumber Gizmodo