Greater Adria, Benua Tersembunyi di Bawah Eropa

Kompas.com - 15/09/2019, 18:05 WIB
Greater Adria, benua yang hilang di bawah Eropa. Douwe van HinsbergenGreater Adria, benua yang hilang di bawah Eropa.

KOMPAS.com – Banyak benua tersembunyi yang kini menjadi Eropa, terutama pada Eropa bagian selatan. Benua yang hilang itu disebut “Greater Adria”, yang eksis sekitar 240 juta tahun lalu.

Greater Adria hadir setelah pisah dari Gondwana, supercontinent yang mencakup seluruh daratan Afrika, Antartika, Amerika Selatan, dan Australia.

Mengutip Live Science, Minggu (15/9/2019), Greater Adria dulu sangat luas. Panjangnya seperti Pegunungan Alpen yang membentang sampai ke Iran, dan seluruhnya berada di atas permukaan laut.

Douwe van Hinsbergen dari Department of Earth Sciences, Utrecht University, mengatakan Greater Adria dulu berbentuk seperti kepulauan. Ia mengungkapkannya sebagai “kawasan yang bagus untuk scuba diving”.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Ikan Asin, Bantu Eropa Temukan Dunia Baru

Douwe dan tim penelitinya menghabiskan satu decade untuk mengumpulkan dan menganalisis bebatuan dari benua yang hilang ini. Bebatuan ini tersebar di 30 negara yang berbeda.

“Tiap negara memiliki survey geologis yang berbeda, peta penyebaran yang berbeda, dan benua mereka sendiri,” tutur Douwe.

Bumi terdiri dari lempeng tektonik yang tersambung satu sama lain. Greater Adria adalah lempeng kepunyaan Afrika (namun bukan termasuk dalam Benua Afrika, karena ada samudera yang memisahkan). Lempeng ini perlahan masuk ke dalam lempengan Eurasia, yang kini menjadi Eropa Selatan.

Sekitar 100 sampai 120 juta tahun yang lalu, lempeng Greater Adria bergeser dan menabrak satu sama lain. Kemudian muncullah pegunungan seperti Alpen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X